Pemkot Banda Aceh Ajak Warga Donorkan Darah

oleh
Pemkot Banda Aceh Ajak Warga Donorkan Darah
Pemkot Banda Aceh Ajak Warga Donorkan Darah
Pemkot Banda Aceh Ajak Warga Donorkan Darah

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Pemkot Banda Aceh mengajak seluruh warganya untuk menjadi pendonor darah sukarela guna memenuhi permintaan darah yang terus meningkat di Palang Merah Indonesia (PMI).

“Donor darah belum membudaya di daerah kita, padahal dengan mendonor darah secara rutin akan berdampak baik bagi kesehatan pendonor,” kata Staf ahli Pemkot Banda Aceh T Irwan Kusuma di Banda Aceh, Jumat 14 Juni 2013.

Hal tersebut disampaikan T Irwan Kusuma pada seminar tentang donor darah yang menghadirkan pemateri dari MPU, Psikolog dan Dokter di aula Rumah PMI.

Ia berharap warga kota Banda Aceh tidak terpengaruh dengan isu negatif yang disebarkan orang yang tidak memahami manfaat menjadi pendonor.

“Masih ada yang beranggapan dengan mendonorkan darah akan mengalami gangguan kesehatan, padahal itu tidak benar malah akan berdampak positif terhadap kesehatan si pendonor,” katanya.

Menurutnya, dari tahun ke tahun PMI Kota Banda Aceh selalu menghadapi permasalahan kekurangan stok darah, dengan tingkat permintaan antara 100 hingga 130 kantong per hari.

“Saat ini PMI Kota Banda Aceh hanya mampu memenuhi 60 persen permintaan darah, baik dari pendonor tetap dan pendonor pengganti,” katanya.

Selain itu, ia berharap PMI dan lembaga peduli lainnya untuk terus mensosialisasikan dampak positif bagi pendonor agar jumlah pendonor sukarela terus mengalami peningkatan.

Ketua PMI Kota Banda Aceh Qamaruzzaman Haqni mengatakan saat ini PMI Kota Banda Aceh memiliki 1.500 pendonor sukarela yang secara rutin setiap tiga bulan menyumbangkan darahnya ke PMI.

“Jumlah pendonor sukarela kita saat ini masih sangat minim,” kata Qamaruzzaman Haqni.(Red/Ant)