Harga Cabe Merah di Aceh Melambung

oleh
Harga Cabe Merah di Aceh Melambung
Harga Cabe Merah di Aceh Melambung
Harga Cabe Merah di Aceh Melambung

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Harga cabai merah di pasar tradisional Banda Aceh mengalami kenaikan dari Rp35.000 menjadi Rp40.000/Kg, karena produksi terbatas sementara permintaan meningkat.

Para pedagang di Pasar Peunayong Kota Banda Aceh  menyebutkan, naiknya harga cabai merah itu karena kurangnya pasokan dari beberapa daerah sentra produksi di Aceh.

Selain itu keadaan cuaca hujan yang disertai angin kencang dalam beberapa pekan terakhir di Aceh juga diperkirakan menjadi penyebab kenaikan harga cabai merah, kata pedagang di Pasar Lambaro, Kamis 13 Juni 2013.

Seorang pedagang di Pasar Peunayong, M Nasir menyebutkan, sehari sebelumnya harga cabai merah Rp35.000/Kg.

Sementara harga sayur-mayur lainnya masih normal seperti tomat Rp6.000/Kg, bawang merah impor Rp12.000/Kg dan bawang lokal Rp27.000/Kg.

Kemudian, harga ikan tongkol juga mengalami kenaikan berkisar 30 persen dari sebelumnya, karena pasokan terbatas akibat sebagian besar nelayan tidak melaut sebagai dampak cuaca kurang bersahabat.

Harga ikan basah jenis tongkol dijual pedagang sebelumnya Rp50.000/ekor (daging dua kilogram) kini naik menjadi Rp80.000/Kg. Ikan gembong sebelumnya Rp25.000 kini berkisar Rp35.000/Kg.

Abdullah, seorang pedagang nasi di Banda Aceh menilai kenaikan harga cabai merah dan ikan basah dalam beberapa hari terakhir masih wajar karena terganggunya produksi akibat cuaca buruk di Aceh.

“Kita tidak perlu mengeluh dengan kenaikan itu karena memang sebagian besar nelayan tidak melaut karena ombak tinggi dan angin kencang. Cuaca juga telah menganggu produksi cabai merah,” kata Abdullah.(Red/Ant)