Produksi Kopi Gayo Diminta Digenjot

oleh
Kopi Aceh
Produksi Kopi Gayo Diminta Digenjot
Produksi Kopi Gayo Diminta Digenjot

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Bupati Aceh Tengah Nasaruddin meminta Fakultas Pertanian Universitas Gajah Putih (UGP) turut andil dalam mencari solusi untuk meningkatkan produktivitas perkebunan kopi arabika di daerah setempat.

“Fakultas pertanian harus memiliki andil cukup besar untuk memecahkan persoalan yang dihadapi para petani seperti upaya meningkatkan produktivitas hasil perkebunan andalan di daerah itu, yakni kopi arabika,” kata Nasaruddin di Aceh Tengah, Rabu 12 Juni 2013.

Di sela-sela melantik Rektor UGP periode 2013–2017 Mirda Alimi, Nasaruddin mengatakan bahwa civitas akademika Universitas Gajah Putih (UGP) agar mampu memecahkan masalah yang dihadapi oleh masyarakat dengan mengoperasionalkan teori dalam wujud yang praktis dan implementatif.

“Artinya, teori-teori yang ada tentang peningkatan produktivitas, misalnya, harus dapat dijabarkan dalam praktik yang mudah diterapkan oleh petani di lapangan,” katanya.

Ia mengatakan bahwa kopi arabika merupakan salah satu komoditas unggulan dari dataran tinggi gayo yang cita rasanya khas dan memiliki nilai tinggi di pasar nasional dan internasional.

Pihaknya meyakini meningkatnya produktivitas hasil perkebunan tersebut akan berdampak pada tingkat kesejahteraan petani kopi yang ada di kabupaten berhawa dingin tersebut.

Pihaknya optimistis peran serta akademisi dalam membina para petani dalam peningkatan mutu dan produktivitas akan mampu menggenjot hasil dan pendapatan yang akan diterima pada masa mendatang.

Di sisi lain, Nasaruddin juga berharap kalangan mahasiswa juga mampu menjadi pemberi pesan berpolitik yang sehat dan memberi pemahaman kepada masyarakat tentang makna dari proses pemilu dan pentingnya menonjolkan etika politik.(Red/Ant)