Kesbangpol Aceh Bangun Koordinasi Keamanan Masyarakat

oleh
Kesbangpol Aceh Bangun Koordinasi Keamanan Masyarakat
Kesbangpol Aceh Bangun Koordinasi Keamanan Masyarakat
Kesbangpol Aceh Bangun Koordinasi Keamanan Masyarakat

MEULABOH | DiliputNews.com – Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol Linmas) Aceh bangun koordinasi keamanan masyarakat di tingkat Gampong dalam Kabupeten Aceh Barat.

Kagiatan tersebut mengangkat tema “Dengan Kegiatan Koordinasi, Diharapkan Berbagai Gangguan Masyarakat dan Kebencanaan Cepat Teratasi”, yang berlangsung di Aula kantor Camat Johan Pahlawan, Meulaboh, Rabu (12/6).

Kasat Pol PP dan WH Aceh Barat Kharuzzadi melalui Kasi Linmas dan Hal, Herman mengatakan, kegiatan yang difasilitasi oleh Badan Kesbang pol dan Linmas Provinsi Aceh tersebut merupakan tindak lanjut mempererat silaturrahmi, koordinisi serta melahirkan linmas yang faham akan tugasnya.

Katanya, selama ini linmas yang tersebar di seluruh Aceh masih kurang memahami tugas dan fungsi mereka ditempat keberadaannya sehingga membutuhkan upaya mendorong semangat serta kesadaran sehingga melaksanakan tugas dan fungsinya.

Selain itu, peserta juga dibekali bagimana tanggap darurat, seperti datangnya bencana di gampong, dengan hal itu aparat gampong dengan cepat melakukan koordinasi dengan intansi terkait agar bisa mendapat bantuan.

“Jika ada bencana datang, Geuchik, Tuha Peut maupun linmas bisa berkoordinasi langsung dengan pihak BPBD, TNI, dan Polri, agar bisa mendapat bantuan,” katanya.

Menurut dia, tindak lanjut dari kegiatan tersebut akan menumbuhkan semangat serta motifasi linmas dan aparat gampong melaksanakan peran ditempat keberadaannya.

“Tahap kegiatan tersebut diikuti oleh para linmas, Geuchik, Tuha Peut, dan Babinsa di Kecamatan Johan Pahlawan, dan tidak menutup kemungkinan akan diperluas hingga ke seluruh Kecamatan lain diwilayah Kabupaten Aceh Barat,” jelasnya.

Ia merincikan, di Kecamatan Johan Pahlawan, diikuti, 21 orang Geuchik, 21 Orang Tuha Peut, 28 orang Linmas Gampong, dan 10 orang Bintara Pembina Desa (Babinsa).

Lebih lanjut dikatakan, pada kesempatan tersebut turut hadir sekaligus membuka acara sekretaris Kepala Kesbang Pol dan Linmas Aceh H Muhammad Usman.