KIP Belum Sampaikan Hasil Verifikasi Calon DPD Aceh

oleh
Verifikasi Calon DPD Aceh
Verifikasi Calon DPD Aceh
Verifikasi Calon DPD Aceh

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh belum menyampaikan hasil verifikasi faktual calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang akan menjadi peserta Pemilu 2014.

“Seharusnya, kami sudah menyampaikan hasil verifikasi faktual ini kepada masing-masing calon. Namun, kami belum melakukannya karena beberapa kendala,” kata Wakil Ketua KIP Aceh Basri M Sabi di Banda Aceh, Selasa 11 Juni 2013.

Kendala tersebut, kata dia, beberapa KIP kabupaten/kota belum mengirimkan berita acara verifikasi faktual calon anggota DPD, sehingga KIP Aceh belum bisa menyampaikannya kepada masing-masing calon.

Menyangkut masalah tersebut, kata dia, kelompok kerja pencalonan DPD KIP Aceh sudah berkoordinasi dengan KIP kabupaten/kota agar berita acara hasil verifikasi faktual tersebut segera diserahkan ke KIP Aceh.

“Jika penyerahan hasil verifikasi faktual dari KIP kabupaten/kota terlambat, maka bisa mempengaruhi jadwal tahapan pencalonan anggota DPD,” sebut Basri M Sabi.

Ia menyebutkan, hasil verifikasi faktual dari KIP kabupaten/kota tersebut dianggap penting. Sebab, dari verifikasi tersebut diketahui kekurangan syarat dukungan bakal calon.

“Jadi, kami belum bisa menyampaikan siapa saja bakal calon yang masih kekurangan syarat dukungan. Syarat dukungan ini berupa fotokopi KTP,” katanya.

Oleh karena itu, kata dia, KIP Aceh mengimbau KIP kabupaten/kota yang belum menyerahkan hasil verifikasi faktual segera mengirimkannya untuk disampaikan ke masing-masing bakal calon.

“Kami tidak ingin masalah ini menghambat proses tahapan pencalonan anggota DPD. Karena itu, kami mengharapkan KIP kabupaten/kota segera menyerahkan hasil verifikasi faktual calon DPD,” kata dia.

Sebelumnya, 40 bakal calon DPD mendaftarkan diri ke KIP Aceh. Dalam pendaftaran tersebut, salah satu syarat yang harus dipenuhi setiap calon adalah menyertakan syarat dukungan minimal 3.000 lembar fotokopi KTP.(Red/Ant)