Awas Gelombang Tinggi di Perairan Aceh

oleh
Awas Gelombang Tinggi di Perairan Aceh
Awas Gelombang Tinggi di Perairan Aceh
Awas Gelombang Tinggi di Perairan Aceh

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk mewaspadai gelombang tinggi yang berpotensi mencapai lima meter di perairan Provinsi Aceh.

“Para nelayan dan dunia pelayaran perlu mewaspadai gelombang tinggi di perairan Aceh untuk keselamatan,” kata Kasi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Blang Bintang Suprapto di Banda Aceh, Selasa 11 Juni 2013.

Didampingi prakirawan BMKG Nasyithah Az-Zahra Lubis, dijelaskan perkiraan tinggi gelombang secara umum di perairan laut Aceh itu berlaku hingga dua hari mendatang terhitung sejak 11 Juni 2013.

Selain gelombang tinggi, BMKG juga meminta masyarakat mewaspadai hujan disertai angin kencang yang melanda sebagian wilayah di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

“Hujan disertai angin kencang perlu diwaspadai terutama di Kota Sabang, Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar dan pesisir barat serta selatan Aceh,” katanya.

Suprapto menjelaskan, keadaan cuaca di 23 kabupaten dan kota di Aceh hingga saat ini berpeluang hujan ringan.

Sementara angin ketinggian permukaan sampai 3000 feet umumnya bertiup dari arah barat daya dengan kecepatan berkisar delapan hingga 40 kilometer/jam.

Di Kota Banda Aceh hujan ringan dengan suhu udara minimum 22 derajat Celcius dan maksimum 32 derajat Celsius dengan kelembaban minimal 62 persen dan maksimal 96 persen.

Keadaan cuaca di daerah tujuan wisata di Aceh, Kota Sabang, yakni hujan ringan, suhu udara minimum 23 derajat Celcius dan maksimum 32 derajat Celcius dengan kelembaban minimal 23 persen dan maksimum 32 persen.(Red/Ant)