15 Calon Komisioner KIP akan Jalani Uji Kepatutan

oleh
15 Calon Komisioner KIP akan Jalani Uji Kepatutan
15 Calon Komisioner KIP akan Jalani Uji Kepatutan
15 Calon Komisioner KIP akan Jalani Uji Kepatutan

BANDA ACEH – Sebanyak 15 calon komisioner atau anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan Komisi A DPRK Banda Aceh.

“Kami menjadwalkan uji kepatutan dan kelayakan digelar 13 Juni mendatang terhadap 15 calon anggota KIP Kota Banda Aceh,” kata Ketua Komisi A DPRK Banda Aceh Sabri Badruddin di Banda Aceh, Senin (10/5).

Ia mengatakan 15 calon tersebut merupakan hasil penjaringan tim seleksi yang dibentuk Komisi A beberapa waktu lalu. Oleh Komisi A nantinya akan diseleksi lagi 10 nama calon.

“Dalam uji kepatutan dan kelayakan akan dipilih lagi 10 calon, yakni lima nama calon terpilih dan lima lagi calon cadangan jika ada anggota pergantian antarwaktu,” papar dia.

Setelah terpilih 10 calon, kata dia, Komisi A akan mengajukannya ke sidang paripurna istimewa DPRK Banda Aceh untuk mendapat persetujuan anggota legislatif. Sidang paripurna tersebut dijadwalkan 21 Juni 2013.

“Berdasarkan hasil keputusan paripurna tersebut, kami akan mengusulkan calon komisioner KIP ke Komisi Pemilihan Umum untuk diterbitkan surat keputusannya,” ujar politisi Partai Golkar tersebut.

Sabri Badruddin menyebutkan jadwal pelantikan lima komisioner KIP Kota Banda Aceh tersebut direncanakan berlangsung 8 Juli 2013. Mereka akan dilantik Wali Kota Banda Aceh.

“Uji kepatutan dan kelayakan ini akan dilihat kemampuan mereka dalam menyelenggarakan pemilihan umum 2014, baik pemilihan anggota legislatif maupun presiden,” demikian Sabri Badruddin. (Red/Ant)