BMKG Imbau Nelayan Aceh Waspadai Gelombang Tinggi

oleh
BMKG Imbau Nelayan Aceh Waspadai Gelombang Tinggi
BMKG Imbau Nelayan Aceh Waspadai Gelombang Tinggi
BMKG Imbau Nelayan Aceh Waspadai Gelombang Tinggi

MEULABOH | DiliputNews.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Meulaboh-Nagan Raya menghimbau para nelayan pantai barat selatan agar waspada potensi hujan lebat dan gelombang tinggi.

“Kepada masyarakat wilayah Meulaboh-Nagan Raya agar waspada terhadap cuaca yang tidak begitu bersahabat dalam beberapa hari kedepan,” ungkap Kepala BMKG Meulaboh-Nagan Raya, Edi Dar Lutfi, kepada DiliputNews.com, Minggu (9/6).

Menurutnya, peluang hujan untuk sebagian wilayah Meulaboh-Nagan Raya cukup tinggi dengan intensitas ringan hingga sedang. Meski potensinya adalah hujan ringan hingga sedang, sebaiknya masyarakat mewaspadai datangnya angin kencang serta gemuruh petir.

”Meskipun pada umumnya cuaca di Meulaboh-Nagan Raya berawan dan berpeluang hujan ringan hingga sedang, kita minta masyarakat harus tetap waspada,” katanya.

Tingginya potensi hujan petir dan angin kencang di sore hingga malam dan dini hari disebabkan tekanan rendah disebelah Barat Wilayah Aceh, Kondisi demikian katanya akan bertahan hingga beberapa hari kedepan, sebab ada tekanan rendah dilaut sebelah barat wilayah Aceh.

“Kita minta masyarakat dan nelayan sebaiknya mengurangi aktivitas di luar rumah khususnya pada sore dan malam hari pada saat cuaca mendung,” katanya menambahkan.

Menurutnya kondisi perairan laut Aceh sekarang sangat berbahaya bagi dunia pelayaran terutama kapal kecil dan dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

”Jika untuk gelombang biasa mencapai 2 hingga 4 meter, jadi para nelayan agar berhati-hati serta waspada terhadap cuaca yang sedang buruk tersebut,” imbunya.