Ring Of Fire Adventure Singgah di Takengon

oleh
Ring Of Fire Adventure / Ilustrasi
Ring Of Fire Adventure / Ilustrasi
Ring Of Fire Adventure / Ilustrasi

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Ekspedisi keliling Indonesia menggunakan sepeda motor bertajuk “Ring Of Fire Adventure (ROFA)” singgah di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah.

“Tim ROFA tiba dan disambut Bupati Aceh Tengah Nasaruddin di Takengon Jumat (7/6),” kata Kabag Humas dan Protokol Sekdakab Aceh Tengah Mustafa Kamal yang dihubungi dari Banda Aceh, Sabtu 8 Juni 2013.

Saat menyambut tim ROFA, Bupati Aceh Tengah Nasaruddin, mengatakan pihaknya menyambut baik kehadiran dan kunjungan peserta ekspedisi ke wilayah penghasil kopi arabika terbesar di Provinsi Aceh itu.

“Kami juga berharap tim ROFA mempromosikan potensi wisata Aceh Tengah. Kami sangat terbuka dan berharap tim bisa lebih lama menikmati objek wisata di daerah ini,” kata Bupati.

Selama di Aceh Tengah, tim ROFA rencananya akan meninjau situs arkeologi Ceruk Mendale dan Ujung Karang Kecamatan Kebayakan.

Selama melakukan peninjauan di lokasi situs arkeologi nanti, tim ROFA akan di dampingi oleh arkeolog asal Balai Medan Ketut Wiradyana.

“Ekspedisi kali ini merupakan tahap ketiga dengan target menjelajah Pulau Sumatera,” kata Youk Tanzil menjelaskan.

Tanzil mengatakan pihaknya telah melalui dua tahap yang menjelajah Indonesia bagian timur. Tahap ketiga ini juga dalam rangkaian menyambut dan memeriahkan peringatan HUT ke 67 Bhayangkara dan bulan bhakti Polri 2013.

Tujuan dari perjalanan itu untuk memperlihatkan dan mengeksplorasi latar belakang kondisi geografis Indonesia yang terletak diantara dua sabuk gunung berapi paling aktif di dunia, yakni Pasifik dan Alpide.

“Indonesia menjadi negara memiliki resiko gunung berapi yang tinggi,” kata dia menjelaskan.

Selain melakukan perjalanan, tim ROFA juga akan mendokumentasikan keindahan alam dan budaya masyarakat yang mereka lintasi.(Red/Ant)