Muda Balia Luluhkan Hati Kepala Dinas Pariwisata Aceh

oleh
Muda Balia Luluhkan Hati Kepala Dinas Pariwisata Aceh
Muda Balia Luluhkan Hati Kepala Dinas Pariwisata Aceh
Muda Balia Luluhkan Hati Kepala Dinas Pariwisata Aceh

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Aksi ngamen yang dilakukan penyair tutur Hikayat Aceh, Muda Balia di depan Gedung Meuseum Tsunami Aceh, Kamis (6/6) mampu meluluhkan hati Kepala Dinas Pariwisata Aceh, Adami Umar, M.Pd.

Adami Umar merasa iba saat melihat aksi ngamen yang dilakukan Muda Balia tersebut. Pasalnya selama ini sangat kurang memberikan perhatian kepada para seniman.

Disamping itu, Adami Umar juga meminta maaf telat mengenal Muda Balia dan merasa berdosa selama ini kurang kepeduliannya terhadap seni Hikayat Aceh.

“Kita Berdosa kalau tidak peduli pada seni Indatu,” tutur Adami Umar saat menyambangi Muda Belia di depan Gadung Meuseum Tsunami Aceh

Lebih lanjut, kedatangan Adami Umar tersebut untuk meminta sekaligus menjemput Muda Balia untuk tampil di kagiatan Aceh Expo 2013.

“Malam ini Muda Balia harus tampil di acara Aceh Expo, khusus acara malam jum’at,” pintanya.

Aksi ngamen yang dilakukan penyair penerima rekor MURI tahun 2010 tersebut, untuk menyentuh Pemerintah Aceh untuk memperhatikan seni hikayat Aceh. “Penghikayat boleh mati tapi seni hikayat Aceh wajib hidup,” ungkap Muda Balia.

Aksi tersebut juga sempat mengundang perhatian ratusa masyarakat Banda Aceh dan sekitarnya bahkan sempat terjadi kemacetan di depan Gedung Meuseum Tsunami Aceh.

Setelah penampilannya, Muda Balia lansung meminta maaf kepada Adami Umar, atas aksi ngamen yang dilakukannya. “Adinda mohon maaf karena harus mengamen,” ujar Muda Balia sambil memeluk Adami Umar.

Seperti berita sebelumnya, Muda Balia Bongkar Rahasia Pemerintah Lewat Hikayat, “Singoh neudeungoe keudroe lon tuan puegah. Pue yang teuingat nyan yang diteubit,” tutur Muda Balia.