Muda Balia Protes Kegiatan Aceh Expo 2013

oleh
Muda Balia Protes Kegiatan Aceh Expo 2013
Muda Balia Protes Kegiatan Aceh Expo 2013
Muda Balia Protes Kegiatan Aceh Expo 2013

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Seniman tutur Hikayat Aceh, Muda Balia melakukan ngamen di depan gedung Meuseum Tsunami Aceh, Kamis (6/6) sebagai bentuk protes terhadap kegiatan Aceh Expo 2013 yang tidak memberikan kesempatan kepada para seniman untuk tampil di kegiatan tersebut.

Muda Belia mengaku, dirinya melakukan ngamen tersebut mewakili ratusan seniman Aceh lainnya, sebagai bentuk protes karena tidak pernah diberikan kesempatan untuk tampil pada setiap kegiatan kesenian di Aceh.

“Saya melakukan ini sebagai bentuk protes dan mewakili ratusan seniman Aceh lainnya,” ungkap Muda Balia, yang memperoleh Rekor MURI pada tahun 2010 lalu.

Namun, ada hal yang mengejutkan saat Muda Balia melantun hikayatnya, tiba-tiba saja Kepada Dinas Pariwisata Aceh, Adami Umar, M.Pd datang ke lokasi ngamen yang meminta Muda Balia tidak melakukan kegiatan ngamen tersebut sekaligus menjemputnya untuk tampil di kegiatan Aceh Expo 2013.

“Malam mini saya stop semua kegiatan di Aceh Expo yang di Blang Padang dan akan saya ganti dengan penampilan seni tutur Aceh dan beberapa penampilan islami lainnya,” tegas Adami Umar di lokasi ngamen.

Seperti berita sebelumnya, Muda Balia Bongkar Rahasia Pemerintah Lewat Hikayat, “Singoh neudeungoe keudroe lon tuan puegah. Pue yang teuingat nyan yang diteubit,” tutur Muda Balia.

Pantauan DiliputNews.com suasana berubah menjadi haru, sejumlah pengunjung dan wartawan yang sedang meliput juga mejaga terharu dengan kejadian tersebut.