Harga Pala di Aceh Selatan Turun Drastis

oleh
Harga Pala di Aceh Selatan Turun Drastis
Harga Pala di Aceh Selatan Turun Drastis
Harga Pala di Aceh Selatan Turun Drastis

TAPAKTUAN | DiliputNews.com – Harga buah pala di wilayah Kabupaten Aceh Selatan mengalami penurunan beberapa bulan terakhir ini, Dari harga Rp48.000 menjadi Rp30.000 per bambu.

“Sebelumnya harga pala kita beli ke petani Rp48 ribu/bambu, tapi sekarang tidak sebab turunnya harga minyak dunia  membuat harga pala turun,” ungkap pengusaha pala, Samsuardi kepada DiliputNews.com, Kamis (6/6).

Kata Samsuardi, turunnya harga minyak dunia dan krisis yang melanda beberapa negara di Eropa, mulai terasa imbasnya pada permintaan beberapa komoditas pala, seperti di Aceh Selatan.

Ia meminta Pemda Aceh Selatan dan Dinas terkait untuk melakukan langkah-langkah konkrit guna mendongkrak kembali harga pala tersebut, agar para petani pala di daerah ini tidak terus merosot pendapatannya.

“Jika harga pala di Aceh Selatan Murah, kami pengusaha merasa juga kesulitan mendapatkan pala, sebab petani mengeluhkan minimnya pendapatan sehari-harinya,” pungkasnya.

Seperti kita ketahui Kabupaten Aceh merupakan daerah penghasil Pala terbesar kedua di Indonesia setelah provinsi Maluku, dan merupakan sentra utama penghasil pala di Provinsi Aceh.