Besok, Muda Balia Bongkar Rahasia Pemerintah Lewat Hikayat

oleh
Muda Balia Bongkar Rahasia Pemerintah
Muda Balia Bongkar Rahasia Pemerintah
Muda Balia Bongkar Rahasia Pemerintah

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Masih ingkatkan anda pada sosok laki laki yang punya nama lengkap Muda Balia, dia  adalah satu satunya seniman tutur asal Aceh yang meraih rekor MURI pada tahun 2010 lalu. Besok, putra Aceh kelahiran Desa Seunubok Aluebuluh Kecamatan Bakongan Kabupaten Aceh Selatan ini akan membongkar perkembangan Aceh saat ini lewat Hikayatnya.

Singoh neudeungoe keudroe lon tuan puegah. Pue yang teuingat nyan yang diteubit (Besok dengar saja apa yang saya utarakan. Apa yang teringat, itu yang akan keluar,” Kata Muda Balia, Rabu (5/6) di Banda Aceh.

Muda Balia adalah satu-satunya seniman muda hikayat Aceh.  Sejak tahun 2002, ia tinggal di Banda Aceh. Putra asal Aceh Selatan ini telah  mengahrumkan nama Aceh hingga nasional, lewat lantunan Hikayatnya.

“Dulu saat saya meraih rekor muri , karena melantunkan hikayat Aceh selama 26 jam nonstop. Namun, setelah itu masyarakat seperti melupakannya, sebagaimana seni hikayat yang kian hilang. Besok Insya Allah saya akan ber-Hikayat kembali dengan cara mengamen  ke sejumlah sudut kota di Banda Aceh, seperti ditempat tempat bersejarah di Aceh, Maseum Tsunami. Kedepan, saya juga akan terus melakukan di beberapa lokasi lainnya di Aceh,” ujar Muda Balia.

Saat ditanya apakah Muda Balia akan mengkritik kinerja pemerintah lewat hikayat nya?. “Cocok… nyan baroe sah bangsa aceh beuhe kon bijeh geusuen (Pas,,, itu baru namanya orang Aceh yang berani dan tidak pengecut,”imbuhnya.

Dalam melakukan aksinya tersebut, Muda Balia mengaku itu merupakan inisiatif sendiri, tanpa ada yang sponsori. Walaupun dia biasa tampil di pentas mewah, Muda mengaku ngamen yang akan dilakukan, tidak mempengarui kecintaannya untuk melantunkan Hikayat Aceh.

Ateuh kehadiran droneuh loen tuan ucapkan teurimoeng geunaseh yang lamboeng (Atas kehadiaran anda semua saya ucapkan ribuan terima kasih,” ujar Muda Balia seraya mengundang seluruh masyarakat Aceh untuk menghadiri kegiatannya besok.