Masyarakat Aceh Diminta Lapor Kalau Belum Disensus

oleh
Masyarakat Aceh Diminta Lapor Kalau Belum Disensus
Masyarakat Aceh Diminta Lapor Kalau Belum Disensus
Masyarakat Aceh Diminta Lapor Kalau Belum Disensus

BANDA ACEH |DiliputNews.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh meminta masyarakat di provinsi itu untuk melapor jika belum disambangi oleh petugas sensus pertanian pada 1-31 Mei 2013.

“Waktu untuk melapor ini merupakan salah satu upaya memastikan bahwa seluruh petani di Aceh telah terdaftar sehingga menjadi acuan dalam perencanaan pangan dan pembangunan di masa mendatang,” kata Kepala BPS Provinsi Aceh Hermanto di Banda Aceh, Selasa 4 Juni 2013.

Dijelaskannya, BPS memberi waktu sepuluh hari yakni dari 1-10 Juni 2013 kepada seluruh masyarakat untuk melapor kepada petugas jika belum dilakukan sensus pertanian yang telah berlangsung pada Mei.

“Artinya, masyarakat tani dapat melapor ke petugas sehingga seluruh petani di Aceh terdata dengan sempurna,” katanya.

Badan Pusat Statistik (BPR) Provinsi Aceh menurunkan sekitar 5.768 petugas pendataan lapangan untuk melakukan Sensus Pertanian (ST) 2013 mulai 1-31 Mei 2013.

Hermanto mengatakan pihaknya tidak ingin melewatkan data dalam rangka perencanaan pangan dan menyejahterakan petani di tingkat nasional umumnya dan Aceh khususnya.

Menurut dia, data yang diberikan masyarakat saat disambangi petugas di lapangan sangat penting dalam rangka perencanaan pembangunan dan langkah-langkah yang diambil pemerintah guna menyejahterakan masyarakat di masa mendatang.

“Kita telah menyelesaikan sensus pertanian diseluruh 23 kabupaten/kota dan saat ini dalam proses pengolahan data,” katanya.

BPS Aceh terus upaya agar pengolahan data sensus pertanian yang telah dilakukan pada Mei tersebut dapat diselesaikan secepatnya sehingga provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu menjadi daerah pertama yang menuntaskan pengolahan data kegiatan itu.(Red/Ant)