Disbudpar Nagan Raya Akan Kembangkan Wisata Air

oleh
Wisata Air Waterboom / Ilustrasi
Wisata Air Waterboom / Ilustrasi
Wisata Air Waterboom / Ilustrasi

NAGAN RAYA | DiliputNews.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Nagan Raya, akan mengembangkan wisata air di lokasi Danau Laot Tadu, Desa Kapa Garu, kecamatan Tadu Raya.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nagan Raya, T.Rahmadsyah SE kepada DiliputNews.com, Selasa (4/5).

Menurut Rahmadsyah, program tersebut DED-nya (detail engineer design, red) sedang dilakukan oleh pihak dinas PU pengairan. Sementara wilayah potensial yang akan dikembangkan wisata air, antara lain, Danau Laot Tadu, Krueng Isep, dan pantai Nagan Permai.

“Dengan adanya wisata air ini kedepan bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD ) Kabupaten Nagan Raya,” ungkapnya.

Saat ini katanya, program pengembangan wisata di danau Laot Tadu saja yang baru kami ajukan ke pusat (Jakarta,red) untuk mendapatkan anggaran APBN 2014, yang akan dimasukkan dalam pembahasan RAPBN tahun 2013.

Sementara untuk lokasi wisata air yang lain, belum diajukan, mengingat dana untuk pengembangan infrastruktur pengairan, jalan dan jembatan di lokasi Danau Laot Tadu, akan menghabiskan dana mencapai ratusan milyar.

“Untuk tahap awal dana diajukan ke pusat (Jakarta,red) untuk mendapatkan anggaran APBN 2014, sementara lokasi wisata lain di Nagan Raya belum diajukan mengingat dana pengembangan wisata air ini mencapai ratusan milyar rupiah,” katanya menambahkan.

Menurut T.Rahmadsyah, dana ratusan milyar itu nantinya akan dialokasikan termasuk pembangunan Water Boom, Perahu Mainan, dan pembenahan lokasi danau yang diperkirakan luasnya mencapai 200 hektar atau lebih, serta perbaikan pengairannya untuk mengatur debit air masuk dan keluar.

“Semua pekerjaan pengairan dan infrastrukturnya, kami serahkan sepenuhnya kepada pihak PU pengairan dan PU Bina Marga Kabupaten Nagan Raya,” pungkasnya. (Red/Didit)