Festival Danau Lut Tawar di Takengon

oleh
Festival Danau Lut Tawar di Takengon
Festival Danau Lut Tawar di Takengon
Festival Danau Lut Tawar di Takengon

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Festival Danau Lut Tawar Takengon akan menjadi agenda tahunan pariwisata untuk menarik kunjungan wisatawan ke Kabupaten Aceh Tengah.

“Festival Danau Lut Tawar 2013 merupakan pertama kali kami selenggarakan, dan kami berupaya kegiatan itu menjadi agenda tahunan pariwisata Aceh Tengah,” kata Bupati Aceh Tengah Nasaruddin di Banda Aceh, Senin 3 Juni 2013.

Dijelaskan, ada beberapa kegiatan seni dan budaya serta tradisi yang diselenggarakan pada festival Danau Lut Tawar di Takengon itu.

“Dua kegiatan telah kami selenggarakan dan berjalan sukses seperti lomba pacuan kuda dibibir pantai danau dan perahu tradisional,” katanya menambahkan.

Secara bertahap, festival Danau Lut Tawar juga akan menyelenggarakan atraksi seni rakyat, dan budaya yang berlangsung turun temurun di kalangan masyarakat khususnya di dataran tinggi “Tanah Gayo”, kata Nasaruddin.

Bupati menjelaskan, meski baru pertama kali diselenggarakan namun festival Danau Lut Tawar memperoleh apresiasi luar biasa dari masyarakat khususnya Aceh Tengah.

Pemerintah telah menetapkan Aceh Tengah menjadi salah satu daerah tujuan wisata pada program “Visit Aceh Year 2013”.

Danau Lut Tawar di Takengon yang juga merupakan ibu kota Kabupaten Aceh Tengah. Danau tersebut memiliki luas sekitar 5.472 hektar dengan panjang 17 km dan lebar 3,219 km.

Bupati menjelaskan, Pemkab Aceh Tengah akan membangun berbagai fasilitas pendukung terutama di kawasan objek wisata Danau Lut Tawar yang diharapkan kedepan dapat berkembang menjadi salah satu pilihan kunjungan wisatawan di Indonesia.(Red/Ant)