BPBD Aceh Barat Ingatkan Warga Tidak Membakar Lahan

oleh
BPBD Aceh Barat Ingatkan Warga Tidak Membakar Lahan
BPBD Aceh Barat Ingatkan Warga Tidak Membakar Lahan
BPBD Aceh Barat Ingatkan Warga Tidak Membakar Lahan

MEULABOH | DiliputNews.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat, menghimbau kepada masyarakat Meulaboh, agar tidak membakar lahan saat membuka kebun.

Kepala Bidang kedaruratan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat Dedek Risman, kepada DiliputNews.com, Senin (3/6) mengatakan, apabila terjadi kebakaran lahan gambut meluas, maka BPBD sendiri akan kwalahan karena sarana yang dimiliki terbatas meskipun BPBD Aceh Barat memiliki kendaraan pemadam yang relative cukup.

“Namun masih terbatas pada pipa air yang dapat menjangkau ratusan meter serta pipa air yang dapat menyiram kedalam tanah gambut yang terbakar, kita hanya menjaga-jaga agar kebakaran tidak sampai kerumah warga, “katanya.

Ia menyebutkan, meskipun belum berdampak pada terbakarnya rumah warga, namun dalam pecan ini pihaknya sudah pernah mendapat laporan, ada rumah warga di Kecamatan Bubon nyaris disambar api.

Akan tetapi setelah dilakukan cros cek ternyata beruntung kobaran apinya masih jauh, namun demikian akibat adanya kegiatan terbakarnya lahan gambut ini membuat warga sekitar resah dan panik.

Lebih lanjut dikatakan, adapun kawasan yang berpotensi terbakarnya lahan gambut seperti di Kecamatan Bubon, Woyla dan Arongan dan Kecamatan Johan Pahlawan, terlihat gumpalan asap menyelimuti ibu kota Meulaboh dari siang hingga malam hari

Kondisi ini sudah menghawatirkan karena gumpulan asap yang sempat membuat warga jingga awan itu dapat menganggu pernafasan warga Aceh Barat dan sekitarnya.