Warga Kluet Utara Minta Bangun Tanggul Pemecah Ombak

oleh
Warga Kluet Utara Minta Bangun Tanggul Pemecah Ombak
Warga Kluet Utara Minta Bangun Tanggul Pemecah Ombak
Warga Kluet Utara Minta Bangun Tanggul Pemecah Ombak

TAPAKTUAN | DiliputNews.com – Warga Gampong Kuala Ba’u Kluet Utara, meminta baik kepada Pemerintah Setempat maupun Provinsi Agar secepatnya untuk membangunkan tanggul pemecah ombak sekitar 1.200 meter di pinggir Pantai Kuala Ba’u, Kecamatan Kluet Utara, Aceh Selatan.

“Abrasi di pinggir Pantai Kuala Ba’u telah terjadi sejak 2010, Bahkan 17 rumah terkena dampaknya sehingga tak ditempati lagi dan 100 Warga setempat juga harus mengungsi akibat ganasnya ombak laut tersebut,” kata Sekjen KNPI Aceh Selatan Zaitun Sabtu (01/06) melalui handpone Selularnya kepada DiliputNews.com.

Ia menambahkan, persoalan ini juga sudah pernah disampaikan ke anggota DPRK Aceh Selatan, namun hingga kini belum terealisasi karena minimnya APBK setempat.

”Hal ini sudah pernah kami laporkan ke DPRK setempat dan hingga sekarang belum juga terealisasi,” imbuhnya.

Katanya, jika Pemerintah Aceh juga tak merespons hal ini, dipastikan abrasi yang mengikis pantai di Gampong Pasi Kuala Ba’u sedikit demi sedikit membuat gampong itu menjadi lautan seperti banjir beberapa waktu lalu.

Ia merincikan, akibat abrasi tersebut, sebanyak 17 rumah milik warga,5 boat mesin tempel, 1 perahu pukat dan 1 jaring besar milik nelayan hilang dibawa banjir dan 1 balai pengajian juga ikut porak poranda. “Kalau juga tidak diperhatikan dipastikan akan menelan korban jiwa dan kerugian seperti dulu,” tandasnya.

Zaitun mengaku, saat ini warga setempat hanya menggunakan batang kelapa sebagai tanggul dan juga penahan ombak laut, “Kita berharap pemerintah daerah dan provinsi tidak menutup mata atas derita rakyat ini, dan segara membangun tanggul pemecah ombak di desa Kluet Utara,” pintanya.