Warga Banda Aceh Agar Waspadai Ispa

oleh
Warga Banda Aceh Agar Waspadai Ispa
Warga Banda Aceh Agar Waspadai Ispa
Warga Banda Aceh Agar Waspadai Ispa

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Masyarakat Kota Banda Aceh diminta agar mewaspadai penyakit infeksi saluran pernafasan akut (Ispa) sebagai dampak dari cuaca pancaroba dalam beberapa bulan terakhir melanda wilayah itu.

“Cuaca yang terkadang hujan, kemudian panas ini akan berdampak munculnya penyakit Ispa, selain juga demam berdarah,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Media Yulizar di Banda Aceh, Senin (29/4).

Sebab, dia menjelaskan, hasil kunjungan terhadap sembilan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di pusat-pusat kecamatan di Kota Banda Aceh itu ditemukan kasus menonjol Ispa.

Masyarakat, Media mengimbau, agar menjaga stamina sebagai salah satu upaya mencegah penyakit Ispa serta memperbanyak konsumsi air putih serta buah-buahan.

Tidak hanya puskesmas, informasi yang diperoleh juga terjadi peningkatan kasus Ispa di klinik praktek dokter dan rumah sakit di kota berpenduduk sekitar 300 ribu jiwa tersebut.

Selain Ispa, kasus penyakit demam berdarah kata Yulizar juga perlu diwaspadai masyarakat mengingat keadaan cuaca yang terkadang panas, kemudian tiba-tiba hujan yang terjadi dalam sebulan terakhir.

“Artinya, meski cuaca panas pada siang hari namun tidak menutup kemungkinan juga muncul kasus penyakit DBD disebabkan lingkungan yang tidak bersih dan genangan air di pemukiman penduduk,” kata dia menjelaskan.

Pada Maret 2013, Media Yulizar menyebutkan, tercatat 12 kasus DBD di Kota Banda Aceh.

“Artinya, penyakit DBD itu masih harus diwaspadai masyarakat meski cuaca panas dan hujan. Apalagi Kota Banda Aceh masih tercatat sebagai salah satu wilayah endemis kasus demam berdarah,” kata Media Yulizar menjelaskan. ( Red/Ant)