Gubernur Harus Komitmen Bantu Aceh Selatan

oleh
Gubernur Harus Komitmen Bantu Aceh Selatan
Gubernur Harus Komitmen Bantu Aceh Selatan
Gubernur Harus Komitmen Bantu Aceh Selatan

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Pesan Gubernur Aceh, Zaini Abdullah kepada Bupati dan Wakil Bupati Aceh Selatan yang baru dilantik 22 April 2013 lalu, bahwa pemberdayaan ekonomi masyarakat perlu di apresiasi.

“Gubernur Aceh harus komitmen apa yang disampaikan, hal ini sebuah harapan baru bagi masyarakat di daerah tersebut, sebab Aceh Selatan merupakan salah satu dari 12 Kabupaten/Kota yang masih dikategorikan tertinggal di Aceh,” ungkap Ketua Solidaritas untuk Rakyat Daerah Terpencil (SuRaDT) Delky Nofrizal Qutni, Minggu (28/4).

Ia menjelaskan, berdasarkan data susesnas penduduk miskin di Aceh Selatan sekitar 32. 300 orang atau 15, 52% dan belum lagi tingginya angka pengangguran Aceh Selatan yang mencapai 7. 202 orang.

“Pemberdayaan di sektor ekonomi masyarakat sangatlah dibutuhkan untuk membebaskan Aceh Selatan dari status tertinggal.” jelasnya.

Pengembangan kawasan sentra produksi dengan pemberdayaan sektor riil dinilai sebagai salah satu solusi efektif untuk pemberdayaan ekonomi tersebut. “Misalnya dengan upaya pengembangan agrobisnis dengan memberdayakan petani local,” tambahnya.

Kendatipun demikian, harapan untuk pemberdayaan ekonomi terkesan sangat sulit untuk dimaksimalkan tanpa adanya bantuan dari pemerintah Aceh dan pemerintah Pusat.

“Ini disebabkan celah fiscal dan kemampuan Aceh Selatan saat ini sangat memprihatinkan. Apalagi APBK Aceh Selatan dalam kondisi deficit bahkan terutang, tentunya untuk pemberian modal usaha kepada petani atau subsidi lainnya sangat sulit untuk dimaksimalkan,” imbuhnya.

Disisi lain, katanya, apa yang di utarakan Gubernur terkait pengembangan komoditi jagung yang sedang digencarkan oleh pemerintah Aceh menurut sebagian besar petani belum menyentuh petani kecil, apalagi terkait ungkapan kepala dinas pertanian Aceh tentang modal usaha 10 juta/ha. Sehingga kejelasannya perlu dipertanyakan.

Dalam hal ini, kami dari solidaritas Solidaritas untuk Rakyat Daerah Terpencil (SuRaDT) sebagai salah satu lembaga yang focus mendorong percepatan pembangunan daerah tertinggal dan kawasan terpencil di Aceh, berharap agar Gubernur Aceh komitmen dalam membantu pemerintah Aceh Selatan untu pemberdayaan ekonomi masyarakat.