Pengurus PMI Cabang Meulaboh Dilantik

oleh
Pengurus PMI Cabang Meulaboh Dilantik
Pengurus PMI Cabang Meulaboh Dilantik
Pengurus PMI Cabang Meulaboh Dilantik

MEULABOH | DiliputNews.com – Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Meulaboh, Jumat (5/4) malam dilantik oleh Ketua PMI Propinsi Aceh Ir T Alaiddinsyah MEng. Pelantikan dilangsungkan di Aula Bupati Aceh Barat.

Acara diiringi dengan pengambilan sumpah bagi pengurus baru PMI cabang Meulaboh masa bakti 2013–2018 yang diketuai Daud Manaf.

Kegiatan Pelantikan tersebut di hadiri Bupati Aceh Barat, Ketua DPRK Aceh Barat, Unsur Muspida Aceh Barat, para Kepala Dinas, Ketua PMI Provinsi berserta rombongan. Ketua PMI Aceh Barat.

Ketua PMI Propinsi Aceh Ir T Alaiddinsyah MEng mengharapkan kepada pengurus baru agar membina semua relawan, baik relawan pemula tingkat Palang Merah Remaja, SMP dan SMA, sebab mereka akan disiapkan  untuk menjadi tenaga suka rela ketika bencana datang.

Untuk Aceh Barat sendiri dikatakannya, langkah stragis untuk PMI Cabang Meulaboh harus segera dibuat peta bencana, ada peta bencana bulanan dan peta bancana tahunan, “Jika bencana datang dengan adanya peta tahunan, evakuasi korban bisa lebih mudah, seperti lokasi tempat diungiskan,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Aceh Barat, H T Alaidinsyah (H Tito) mengatakan, Keberadaan PMI telah diakui sebagai sebuah organisasi yang bergerak di bidang kemanusian, bahkan sejarah telah membuktikan PMI memiliki peran yang sangat urgen dan strategis dalam memberikan bantuan kemanusian.

“Sejak tahun 1945, PMI sudah melakukan berbagai kegiatan kemanusiaan, seperti transfuse darah, pelayanan kesehatan, evakuasi mayat, penyediaan tim medis dan
sebagainya,” kata H Tito.

Menurutnya, mengingat peran yang sangat urgen dan strategis, PMI Aceh Barat harus benar-benar memiliki dedikasi yang tinggi dan kesiapsiagaan dalam penanggulan bencana, jiwa pengabadian yang tulus dan bersifat netral,

“Artinya tidak melakukan pembedaan, tetapi mengutamakan objek korban yang paling membutuhkan pertolongan segara untuk keselamatan jiwanya,”
jelasnya.