Rumah Tangga Miskin Aceh Barat Dapat Bantuan Rp1,4 Juta

oleh
Rumah Tangga Miskin Aceh Barat / Ilustrasi
Rumah Tangga Miskin Aceh Barat / Ilustrasi
Rumah Tangga Miskin Aceh Barat / Ilustrasi

MEULABOH | DiliputNews.com – Rumah Tangga Miskin Aceh Barat, berkesempatan mendapat bantuan senilai Rp1,4 juta per rumah, dari surplus dana Simpan Pinjam Perempuan (SPP) 2012 Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM MD).

Di Kabupaten Aceh Barat, yang mendapat bantuan tersebut tercatat sebanyak 43 Desa di Kecamatan Kawai XIV Kabupaten Aceh Barat.

Ketua Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD) PNPM MD Kecamatan Kawai XVI, Abdul Kadir menjelaskan, bantuan tersebut langsung diberikan kepada 43 RTM sejak 5-8 April 2013 mendatang.

“Bantuan ini beragam, ada yang bersifat material ada juga bersifat uang tunai tergantung kebutuhan mendasar jenis RTM yang berhak mendapatkan,”jelasnya.

Kata Abdul Kadir jumlah surplus SPP 2012 PNPM MD Kawai XVI sebanyak Rp60.200.000, dana tersebut disalurkan untuk berbagai jenis keperluan seperti material pembangunan rumah, meteran listrik, modal usaha menurut karakteristif kebutuhan.

Saat ini, di Kecamatan kawai XIV masih terdapat sekitar 15 persen RTM yang masih membutuhkan perhatian, sehingga diharapkan bantuan yang disalurkan itu dapat dimanfaatkan sebaik mungkin.

“Kita berharap masyarakat miskin yang mendapatkan bantuan ini dapat mempergunakannya dengan baik, dan program PNPM MD ini juga kita harapkan dapat mengentaskan kemiskinan diwilayah Kaway XVI,”pintanya.

Abdul Kadir melanjutkan, surplus dana SPP di Kecamatan Kaway XVI pada 2012 jauh mengalami peningkatan dan diharapkan kedepan peningkatan ini dapat membantu lebih banyak masyarakat dalam bentuk koperasi.