Kalah Lelang Sawang Aceh Selatan Blokir Jalan

oleh
Kalah Lelang Sawang Aceh Selatan Blokir Jalan
Kalah Lelang Sawang Aceh Selatan Blokir Jalan
Kalah Lelang Sawang Aceh Selatan Blokir Jalan

TAPAKTUAN | DiliputNews.com – Karena Kalah lelang, Warga di Gampong Sawang Ba’U, Kecamatan Sawang, Aceh Selatan, Rabu (3/4) melakukan pemblokiran jalan menuju Tempat Penjualan Ikan (TPI) di Kecamatan setempat.

Sekitar puluhan warga itu merasa kesal sebab selain tidak memberikan kontribusi kepada desa sebagaimana selama ini juga pemenang lelang TPI  warga luar Sawang Ba’U, Aceh Selatan.

Seperti yang diketahui hasil lelang TPI Sawang Ba’U sekitar 30-an km arah barat Tapaktuan dilelang, Kamis (28/3), lalu dengan pemenangnya Tgk. Samidan,

Ketua Pemuda gampong Sawang Ba’U mengatakan, pemblokiran ini dilakukan atas bentuk kekecawaan warga terhadap pemanang lelang TPI, sebab pemenangnya Tgk. Samidan itu tanpa melibat warga setampat.

“Kami selama ini tidak puas, warga dianggap sebagai penonton saja di sini, baik proses pembangunan TPI ini maupun bantuan diberikan pemda kami tidak tau sama sekali,” ungkapnya.

Lebih lanjut, pemblokiran ini berlangsung selama dua hari semenjak kemarin, kapan dibuka blokir itu, kata Dedi sampai ada keputusan TPI Sawang Ba’U tidak ada pelelangan.

Pantuan DiliputNews.com, akibat diblokir jalan menuju pelabuhan tersebut, aktivitas bongkar muat ikan juga terhambat, bahkan nelayan juga mengeluhkan hal itu.

Sementara itu, Kepala DKP Aceh Selatan Fakhruddin menegaskan, pihaknya tidak bisa membatalkan keputusan hasil lelang tersebut karena sudah melalui prosedur. Dikemukakan, bila pelelangan dibatalkan, maka akan besar risikonya selain kewibawaan pemerintah juga akan di-PTUN-kan oleh pemenang lelang.

“Tidak mungkin dibatalkan, karena dilakukan sesuai dengan ketentuan prosedur yang berlaku dan secara terbuka, soal tidak hadir itu soal lain karena kami sudah memberitahu melalui geuchik setempat,” pungkasnya.