Tolak Bendera Aceh, Warga Aceh Barat Kibarkan Merah Putih

oleh
Tolak Bendera Aceh, Warga Aceh Barat Kibarkan Merah Putih
Tolak Bendera Aceh, Warga Aceh Barat Kibarkan Merah Putih
Tolak Bendera Aceh, Warga Aceh Barat Kibarkan Merah Putih

MEULABOH | DiliputNews.com – Puluhan warga Aceh Barat, Minggu (31/3) siang, melakukan aksi pengibaran sangsaka merah putih, di bundaran simpang Pelor Meulaboh.

Selain pengibaran bendara merah putih, juga dilakukan konvoi bersama mengelilingi kota Meulaboh. Aksi ini sebagai bentuk penolakan terhadap qanun Bendera dan Lambang Aceh yang disahkan oleh DPR Aceh beberapa lalu.

“Aksi ini merupakan bentuk kesadaran dan rasa cinta  masyarakat Aceh Barat terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkap Koordinator Aksi Taufik.

Menurut Taufik, melihat pasca disahkannya Qanun Lambang bendera Bulan Bintang itu, kondisi Aceh saat ini semakin tidak kondusif, sebab dimana-mana bendera bulan bintang yang berlambang seperatis itu mulai berkibar di Aceh.

“Masyarakat khawatir akan timbulnya konflik baru di Aceh, jika itu terjadi pasti  masyarakat yang jadi korban seperti sudah dialami masyarakat tempo lalu,” katanya mengenang.

Kata Taufik Qanun lambang Bendera yang telah di sahkan Oleh DPRA tersebut telah sudah jelas menyalahi aturan  PP Nomor 77 Tahun 2007 pasal 6 ayat 4 yang mengatakan bahwa lambang itu tidak boleh sama dengan lambang gerakan separatis dan sebagainya.

“Qanun yang disahkan oleh DPR Aceh itu sudah menyalahi aturan, dimana lambing aceh tidak dibenarkan menggunakan lambang separatis,” imbuhnya.

Kepada Pemerintah Pusat, diharapkan dapat mengambil  langkah tegas dan penuh ke arifan  dalam merespon aspirasi masyarakat ini, sebab bila pemerintah pusat salah mengambil kebijakan, kemungkinan “ Indonesia selamat tinggal”.

“Rakyat Aceh ingin kesejahtraan dan kemakmuran, jadi ambilah sikap yang arif oleh pemerintah pusat dan daerah,” pintanya.