Secuil Harapan untuk Ketua KNPI Aceh Barat

oleh
Secuil Harapan untuk Ketua KNPI Aceh Barat
Secuil Harapan untuk Ketua KNPI Aceh Barat

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia Kabupaten Aceh Barat sudah sukses melaksanakan Musyawarah Daerah dengan beberapa agenda kegiatan. Salah satu kegiatannya adalah pemilihan ketua KNPI Aceh Barat yang baru.

Alhamdulillah pada akhirnya Teuku Novian Nukman, SP terpilih sebagai ketua DPD KNPI Kabupaten Aceh Barat yang menggantikan Azhari, S.Ag, M.Si setelah mengungguli satu calon lainnya, Zulkarnain, MA. Sebuah apresiasi kepada kepada DPD KNPI Aceh Barat yang sudah melaksanakan Musyawarah Daerah yang ke Sepuluh (X) ini dengan sukses, aman dan tertib. Selamat dan sukses untuk ketua KNPI Aceh Barat yang baru.

Namun jangan berbangga hati dulu, karena sebuah pekerjaan baru saja di mulai. Banyak pekerjaan atau tugas yang harus di selesaikan untuk ke depan ini. Di balik kesuksesan pelaksanaan Musyawarah Daerah ini, ada pertanyaan yang harus di jawab oleh kepengurusan KNPI Aceh Barat yang baru ini.

Jawaban itu jauh lebih penting daripada keberhasilan pelaksanaan Musyawarah Daerah tersebut. Dengan terpilihnya kepengurusan baru, akan seperti apa KNPI Aceh Barat ke depan. Apakah kedepan akan ada gebrakan positif yang bisa memajukan organisasi kepemudaan yang ada di Aceh Barat dan membantu pemerintah dalam pembangunan Daerah.

Hal ini tentunya sangat erat kaitannya dengan bagaimana kepengurusan yang baru terpilih bisa bekerja lebih keras dan terukur dalam menggerakkan roda keorganisasian dan tetap focus pada program-program yang sudah di susun atau di tetapkan oleh organisasi tersebut.

Evaluasi terhadap Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) kepengurusan yang lama hendaknya menjadi acuan dalam usaha untuk menjadikan KNPI Aceh Barat lebih baik lagi kedepan. Dan menjadi dasar bagi pengurus yang baru untuk menyusun program-program baru KNPI yang lebih berkualitas dan bermutu.

Selain agenda Musyawarah Daerah tersebut, ada secuil harapan dari sebagian kalangan pemuda Aceh Barat yang berada di luar struktur kepengurusan organisasi kepemudaan ini tentang perjalanan KNPI Aceh Barat ke depan.

Harapan tersebut adalah memposisikan Organisasi Kepemudaan ini menjadi wadah bagi organisasi kepemudaan lainnya yang ada di Kabupaten Aceh Barat dan tidak menjadikan KNPI ini hanya sebagai sarana oleh orang-orang tertentu yang masuk dalam kepengurusan serta menjadikan sebagai sarana untuk mendongkrak popularitas semata.

Semua kita tidak menginginkan KNPI Aceh Barat hanya sekedar dijadikan organisasi transit untuk menjadi batu loncatan bagi segelintir orang yang ingin memperoleh kekuasaan. Karena di tempat lain banyak sekali kita jumpai, mereka sangat berambisi untuk bisa masuk dalam kepengurusan terutama posisi ketua untuk mendongkrak popularitasnya dan mendapat kekuasaan tertentu.

Harapan kita terhadap kepengurusan KNPI Aceh Barat yang baru terpilih bisa membawa KNPI ini menjadi wadah bagi organisasi kepemudaan (OKP) lainnya dalam mewujudkan generasi muda yang punya kualitas intelektual yang baik dan ikut berperan nyata dalam pembangunan daerah Kabupaten Aceh Barat.

Di samping itu juga kita mengharapkan KNPI ini bisa merangkul semua OKP yang ada di Kabupaten Aceh Barat. Jangan sampai KNPI ini di dominasi oleh beberapa OKP tertentu saja, melainkan semua OKP bisa tetap terlibat. Sehingga keberadaan KNPI ini bisa di rasakan oleh semua kalangan pemuda, bahkan sampai kepada pemuda yang berada gampong-gampong bisa merasakan peran KNPI tersebut.

PENULIS : Zamhuri Za (Bendahara 1 Pemuda Muhammadiyah Aceh Barat)