Prodi Perbankan Syariah STAI Tgk Dirundeng Divisitasi

oleh
Prodi Perbankan Syariah STAI Tgk Dirundeng Divisitasi
Prodi Perbankan Syariah STAI Tgk Dirundeng Divisitasi

MEULABOH | DiliputNews.com – Dirjen Pendidikan Tinggi Agama Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, memvisitasi Program Studi Perbankan Syariah, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Teungku Dirundeng Meulaboh, Kamis (27/2012.

Visitasi tersebut dimaksudkan untuk memferivikasi kelengkapan administrasi penyelenggara program studi baru, sebagaimana telah diajukan dalam proposal (borang).

Prof. Dr. Ahmad Thib Raya, Koordinator tim visitasi mengatakan, dari 120 proposal yang diajukan ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Agama Islam, untuk pembukaan program studi baru, hanya 30 proposal yang dinyatakan layak untuk dilakukan visitasi.

“Termasuk diantaranya, Program Studi Perbankan Syariah STAI Teungku Dirundeng Meulaboh ini. Sementara yang lainnya, dinggap belum layak,” ungkap Ahmad Thib Raya.

Layak tidaknya satu program studi baru untuk divisitasi, menurut Ahmad Thib Raya, dilihat dari kesiapan sumber daya dosen. Minimal enam dosen tetap yang memiliki kulifikasi keilmuan yang sama.  Kemudian ketersediaan fasilitas dan biaya operasional.

“Bisa jadi, program studi disini sudah memenuhi ketentuan tersebut. Karenanya, penjelasan seluruh visitasi akademik di perguruan tinggi sangat mendukung untuk pelaporan kami nantinya,” katanya.

Ahmad Thib Raya menjelaskan, visitasi merupakan unsur pendukung antara data yang sudah di masukkan dalam proposal pembukaan prodi baru dengan data dilapangan. Karena menurutnya, ada prodi yang diusulkan, penjelasan di dalam proposal nya sudah sangat bagus. Tapi pada saat dilakukan visitasi, sudah tidak sesuai dengan apa yang sudah dituliskan.

“Kami nanti akan memberikan laporan apa adanya sesuai dengan kondisi dilapangan, yang memutuskan Direktorat Jenderal PTAI. Tapi biasanya kalau sudah di visitasi, kemungkinan besar nilainya akan keluar,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua STAI Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr. Syamsuar Basyariah berharap, pembukaan Program Studi Perbankan Syariah nantinya bisa memenuhi kebutuhan tenaga kerjadi sektor perbankan. Baik konfensional, maupun syariah.

“Kalau nantinya ini berjalan dengan baik, STAI Teungku Dirundeng Meulaboh akan menjadi kampus pertama yang membuka Prodi Perbankan Syariah Strata Satu,” ungkapnya.