Peringati Hari Menanam, Dishut Nagan Raya Tanam 625 Pohon

oleh
Peringati Hari Menanam, Dishut Nagan Raya Tanam 625 Pohon
Peringati Hari Menanam, Dishut Nagan Raya Tanam 625 Pohon

NAGAN RAYA | DiliputNews.com – Dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) 2012, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Nagan Raya, Kamis (27/12) melakukan penanaman 625 pohon.

Penamanan pohon ini terdiri pohon Mahoni, Sengon, petai, jati dan lain- lain sebanyak 800 sampai 1000 meter kubit perhektar. Dalam kesempatan tersebut Bupati turut hadir Bupati Nagan Raya Drs.H.T. Zulkarnaini, Dandim 0116/ Nagan Raya Letkol Inf. Yunardi , Kapolres serta Kajari.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Nagan Raya H.T.Zainal Abidin S.pd mengatakan, penanaman pohon ini dilaksanakan dalam setahun sekali, oleh sebab itu selaku peteknis lapangan setiap tahun selalu mengadakan upacara puncak hari menanam pohon Indonesia untuk menyukseskan program penanaman 1 miliyar pohon.

“Saat ini telah dilakukan penanaman sebanyak 152.000 pohon, sisanya akan berlanjut ke tahun berikutnya,” kata Zainal.

Zainal menambahkan, Adapun rincian rehabilitas hutan pantai 21.000 pohon hutan kota 13.000, reboisasi pengkayaan sebanyak 88.000 pohon, penghijauan lingkungan 30.000.Ini telah membuat bibit tanaman kehutanan dengan melibatkan masyarakat 600.000 bibit tanaman, bibit ini untuk di tanam di lahan-lahan masyarakat sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat.

Sementara Bupati Nagan Raya Drs.T.Zulkarnaini dalam Amanah Menteri kehutanan mengatakan gerakan penenaman bertujuan untuk merehabilitasi hutan dan lahan yang terdradasi/kritis guna mengembalikan fungsi hutan dan lahan.

Adapun Tema hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional tahun 2012 yaitu, “Hutan kota Mendorong terwujudnya indonesia Hijau”.

Dikatakn Drs.T.Zulkarnaini, pemilihan tema tersebut bertujuan untuk menujukkan bahwa Indonesia mempunyai komitmen yang tinggi serta program yang konsisten dalam melaksanakan upaya rehabilitasi hutan dan lahan serta konversi lingkungan termasuk biodiversitasnya.