Pemkab Aceh Barat Panen Karet Perdana Seluas 120 Hektare

oleh
Panen Karet Perdana
Panen Karet Perdana / Foto Ilustrasi

MEULABOH | DiliputNews.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Kamis (27/12) melakukan panen perdana karet rakyat seluas 120 hektare yang merupakan bantuan Badan Rehabilitasi dan Rekontruksi (BRR) 2007 di Kecamatan Pante Ceureumen.

Secara keseluruhan Aceh Barat memiliki hampir 30 ribu hektare kebun karet dengan produksi 500 ton per hektare/tahun dan 9.000 hektar merupakan karet rakyat bantuan pemerintah.

“Hari ini kita melakukan penan perdana karet bantuan BRR 2007 di empat desa, Manjeng, Seumantok, Pante Ceureumen dan Puloe Teungoh dan setiap desa dikelola sebanyak 40 kelompok tani,” kata Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Aceh Barat T Helmi.

Dorongan penanaman karet tersebut dikatakan T Helmi merupakan melalui upaya petani merubah pengelolaan tanaman karet dari tradisional ke modern. Untuk memacu pertumbuhan investasi dibidang perkebunan pada 2013 dua Penanam Modal Dalam Negeri (PMDN) sudah mendirikan pabrik pengolah bahan baku karet diwilayah itu dan diharapkan mampu mengstabilkan harga beli karet.

Lebih lanjut T Helmi menjelaskan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, pada 2013 menargetkan produksi karet 800 ton per hektar/tahun dari total luas area komoditi kompetensi inti wilayah itu mencapai 30 ribu hektar.

“Bila dalam pengembangan karet rakyat petani mampu mengelolanya secara modern, maka target produksi 800 ton perhektar/tahun itu pasti dapat terealisasi,” ungkapnya.

Menurut Helmi, Aceh Barat dibawah pimpinan bupati H T Alaidisnyah dan wakilnya Rachmad Fitri HD, akan senantiasa menerima dan mempermudah bagi setiap investor yang ber investasi diwilayahnya.

“Bupati H T Alaidisnyah dan wakilnya Rachmad Fitri HD akan bersedia menerima dan mempermudah bagi setiap investor yang berinvestasi di wilayah Aceh Barat,” ungkapnya.