Ribuan Warga Aceh Barat Kenang 8 Tahun Tsunami

oleh
Ribuan Warga Aceh Barat Kenang 8 Tahun Tsunami
Ribuan Warga Aceh Barat Kenang 8 Tahun Tsunami

MEULABOH | DiliputNews.com – Ribuan warga Aceh Barat, Rabu (26/12) pagi, melaksanakan doa bersama untuk para korban gempa dan tsunami yang terjadi pada 26 Desember 2004 lalu di Desa Suak Indrapuri, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat.

Bupati Aceh Barat H T Alaidinsyah menyampaikan  kegiatan doa bersama ini untuk mengenang musibah tsunami delapan tahun lalu dan meminta kepada Allah SWT, agar para korban gempa dan tsunami mendapatkan ampunan dosa serta mendapatkan tempat yang layak disisi Allah SWT.

“Delapan tahun berlalunya bencana tsunami yang memporak-porandakan pesisir Aceh. Kita harus mengenang pertistiwa itu, sebagai bentuk intropeksi diri,” kataya.

Aceh Barat merupakan salah satu kawasan yang paling parah diterjang gelombang tsunami delapan tahun lalu, dikatakan H T Alaidinsyah ”Jeritan dan tagis pilu terdengar disana-sini, saat itu,” kenangnya.

Lebih lanjut, ucap H T Alaidinsyah semua itu merupakan cobaan dan pringatan Allah SWT terhadap umatnya, untuk kita sadar dan insaf kembali kejalannya. Sepantasnya, bencana delapan tahun lalu dapat menjadi pelajaran berharga bagi kita agar dapat melakukan intropeksi terhadap apa yang telah kita perbuat dimasa lalu.

“Bagi kita Yang masih bisa menghirup udara segar, kiranya dapat beribadah sujud syukur kepada Allah SWT dengan segala perintahnya,” harap H T Alaidinsyah.

Pantuan DiliputNews.com para keluarga korban bencana delapan tahun lalu juga berziarah di kompleks kuburan massal seperti di kawasan di Ujong Kareung Meulaboh, serta sebagian warga juga melakukan panjatan doa di masjid-masjid di desa mereka.