240 KK Terandam Banjir di Meulaboh

oleh
240 KK Terandam Banjir di Meulaboh
240 KK Terandam Banjir di Meulaboh

MEULABOH | DiliputNews.com – Tingginya curah hujan di Pantai Barat Selatan Aceh dalam dua hari terkahir, menyebabkan banjir di 6 Kecamatan di Kabupaten Aceh Barat, Senin (23/12).

Banjir terjadi semenjak Minggu (22/12) malam sekitar pukul 22:WIB hingga hari ini, Menurut informasi dari Badan Penanggungan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, Kecamatan yang terendam yakni, Kecamatan Meureubo, Johan Pahlawan, Pante Cermin, Woya Barat, Arongan Lambalek, dan Kecamatan Panten Reuh.

Akibatnya, 240 KK (114.000 jiwa) Desa Pasi Masjid Kecamatan Meureubo  terendam banjir dengan kedalaman 1 meter, sehingga penduduk terpaksa diungsi ke Desa Leuhan Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh.

“Yang sudah terdata untuk diungsikan 240 KK (114.000 jiwa) Desa Pasi Masjid sedangkan Kecamatan belum terdata,” Kata Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Aceh Barat Dedek Risman.

Sementara itu Kepala BPBD Aceh Barat, mengungkapkan banjir tersebut meerupakan banjir kiriman dari pedalaman Kecamatan Pante Ceureumen yang mengalir melalui sungai Meureubo.

“Terutama di Desa Pasi Masjid, Kecamatan Meureubo, di jalan saja airnya setinggi 80 cm,” jelas Dadek, saat dilokasi banjir.

Pantuan DiliputNews.com banjir juga menggenangi jalan lintas Meulaboh – Geumpang dengan ketinggian sekitar 60 cm, yang hanya dapat dilalui kendraan Mobil dan Truk, sedangkan sepeda motor terpaksa di dilalui dengan rakit dengan biaya Rp.10.000-‘ per sepeda motor.