Fraksi PA: APBK 2013 Nagan Raya Tak Pro Rakyat

oleh
Ketua fraksi Partai Aceh Nagan Raya Ruslem,SH
Ketua fraksi Partai Aceh Nagan Raya Ruslem,SH

NAGAN RAYA | DiliputNews.com – Rapat peripurna penutupan persidangan Dewan Perwakilan Rakyat  masa III terhadap ABPK 2013, Jumat (21/12) di batalkan karena APBK 2013 dinilai tidak pro rakyat.

Ketua fraksi Partai Aceh Nagan Raya Ruslem,SH  mengatakan dalam perjanjian tim anggaran legislatif dengan eksekutif untuk kaum dhuafa akan dibangun 100 unit rumah, namun eksekutif hanya menyediakan 50 unit.

“Pemda tidak pro kerakyat dimana tercantum anggaran Rp.16,4 milyar di habiskan untuk pembagunan rumah para Kepala Dinas, sedangkan perjanjian tim anggaran untuk di sediakan 100 unit rumah dhuafa tidak terealisasikan semua, hanya 50 unit rumah terealisasikan, makanya sidang penutupan ini dibatalkan,” ungkap Ruslem,SH.

Ia merincikan anggaran sebesar Rp.16,4 milyar tersebut dihabiskan untuk pembangunan rumah dinas wakil Bupati 1 unit Rp. 2 milyar, rumah dinas Setdakab menghabiskan anggaran Rp.1 milyar dan 8 unit rumah kepala dinas Rp.3,2 milyar, sedangkan yang sisanya untuk penataan ruang luar (exterior), penataan taman kota hijau, penataan alun – alun Kota Suka Makmue dan penataan ruangan kantor DPRK.

Penggunaa anggarn tersebut Ruslem menilai terlalu penting sebab yang lebih dipentingkan adalah rumah kaum dhuafa.

“Padahal Pemda Nagan Raya sekarang anggaran lagi defisit, nah terkait dengan terjadi defisit tersebut seharusnya mempedomani ketentuan pasal 57ayat (3), pasal 58 ayat (1) dan ayat (2), pasal 61 ayat (2) peraturan menteri dalam negeri nomor 13 tahun 2006 sebagaimana telah di ubah beberapa kali terakhir dengan peraturan menteri dalam negeri nomor 21 tahun 2011,” tegasnya.

Berdasarak penelitian Fraksi Partai Aceh ada beberapa kegiatan yang di nilai layak untuk di tunda dan di kurangi, agar rumah dhuafa 100 unti tersebut terealisasikan.