Jumlah Populasi Ternak Sapi di Nagan Raya Meningkat 100 Persen

oleh
Jumlah Populasi Ternak Sapi di Nagan Raya Meningkat 100 Persen
Jumlah Populasi Ternak Sapi di Nagan Raya Meningkat 100 Persen

NAGAN RAYA | DiliputNews.com – Kabid Ternak Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Nagan Raya, Muhammad Zahed M.Si, Senin (17/12) kepada DiliputNews.com mengatakan, populasi ternak sapi di wilayah itu mengalami peningkatan mencapai 100 persen.

“Berdasarkan cacatan Dinas Pertanian dan Peternakan Nagan Raya, potensi peternakan sebagai daerah yang memiliki potensi Inseminasi Buatan (IB) selama ini dinyatakan cukup berhasil, hal ini dibuktikan dengan pelaksanaan IB katagori ternak produktif yang jumlahnya mencapai 300 ternak sapi, dan juga ditambah dari proses Insenminasi layanan dosis,” ungkap Muhammad Zahed.

Sementara komitmen untuk mengembangkan potensi peternakan di Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Nagan Raya, kata Muhammad Zahed, sejak beberapa tahun lalu sudah memulainya dengan membentuk kelompok usaha peternakan yang berbasis kerakyatan.

Ia menjelaskan Faktor berjalannya peternakan sapi di Nagan Raya adanya dukungan dari sektor lokasi (tempat ternak) dan peran aktifnya petugas kesehatan hewan diwilayah itu.

“Adanya tempat berternak dan dokter hewan yang merupakan faktor pendukung berjalan nya populasi ternak sapi di Nagan Raya serta menghantarkan keberhasilan melaksanakan program Bidang Inseminasi Buatan (IB) untuk ternak Sapi,” tuturnya.

Bukan hanya itu, M.Zahed mengatakan, suksesnya Inseminasi Buatan (IB) ternak sapi di Nagan Raya tak lepas dari peran serta pihak PPL dan Peternak sapi yang memiliki semangat untuk tetap mengelola kegiatan Inseminasi Buatan.

“Sehingga dengan keberhasilan kegiatan Inseminasi tersebut jika rata-rata di-uangkan dengan harga Rp.8 juta/ekornya maka potensi peternakan di Kabupaten Nagan Raya, mengalami keuntungan yang sangat besar,” imbuhnya.