Pemkab Aceh Barat Akan Bangun Pelabuhan Perikanan

oleh
Bupati Aceh Barat, H T Alaidinsyah
Bupati Aceh Barat, H T Alaidinsyah

MEULABOH | DiliputNews.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, mengaku akan merealisasikan pembangunan pelabuhan perikanan, tepatnya dilokasi perairan Padang Seurahet, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat.

Hal tersebut dikatakan Bupati Aceh Barat H T. Alaidinsyah (H.Tito), Senin (17/12) disela kegiatan memperingati Hari Ibu di halaman Kantor Bupati setempat.

Haji Tito menjelaskan pembangunan pelabuhan perikanan tersebut, tahap awal akan dilakukan pembebasan lahan sebanyak empat hektar, lahan tersebut tepatnya di Desa Padang Seurahet, Meulaboh.

“Ini harus kita lakukan pembebasan lahan masyarakat dulu, dan pembangunan ini akan menyerap pembiayaan dari APBN,” katanya.

Untuk Anggaran pembebasan dan pembuatan Detaild Engineering Design (DED), tentu akan dibebankan melalui pembiayaan APBK Aceh Barat.”Anggaran sekitar Rp.600 juta alokasi dari APBK untuk menuntaskan tahapan proyek itu,” ungkap Tito.

H.Tito juga menguraikan jika semua tahapan berjalan, mungkin pelaksanaan proyek pelabuhan ini, akan dapat dikerjakan pada tahun 2014 nanti.

Lebih lanjut dengan adanya pelabuhan tersebut, H.Tito mengharapkan, agar nelayan di Bumi Teuku mampu meningkatkan taraf pembangunan infrastruktur pendukung di Kabupaten Aceh Barat. “Kita berharap Meulaboh menjadi sentral perdagangan hasil laut, “ harapnya.

Informasi yang dihimpun DiliputNews.com, terkait pembangunan pelabuhan perikanan tersebut, sebelumnya masyarakat nelayan sudah mufakat untuk bersedia bernegosiasi menyangkut harga tanah mereka melalui musyawarah bersama komunitas nelayan di Gampong Padang Seurahet.

Bahkan Masyarakat nelayan pemilik tanah di seputar kawasan pembangunan pelabuhan ikan tersebut menawarkan harga Rp300 ribu/ meter, sementara pemerintah daerah selama ini hanya mengemburkan isu membeli tanah seharga Rp150 ribu/meter.