Kata Bos Google Apple Sudah Kalah Perang

oleh
Kata Bos Google Apple Sudah Kalah Perang

Perangkat Android dan iOS berkompetisi memperebutkan posisi paling dominan di industri perangkat mobile yang sedang naik daun.

Menurut Chairman Google Eric Schmidt, akhir perlombaan itu sudah terlihat di depan mata. Pemenangnya adalah Android yang dimiliki oleh raksasa internet itu.

Berbicara dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg, Schmidt menyamakan perebutan pangsa pasar Android dengan iOS milik Apple dengan perang 20 tahun lalu antara Microsoft melawan Apple. “Saya pikir sudah jelas bahwa pihak kami (Android) sudah memenangi pertarungan,” ujar Schmidt, seperti dikutip dari Cnet.

Soal ini, Schmidt mungkin ada benarnya. Lembaga riset pasar IDC bulan November 2012 melaporkan bahwa pada kuartal ketiga, perangkat Android menguasai 75 persen pasar dunia, jauh di atas iOS Apple yang muncul di urutan kedua dengan 14,9 persen. Pada kuartal yang sama tahun lalu, Android memiliki pangsa pasar sebesar 57,5 persen, sedangkan iOS mencatat 13,8 persen.

Tentang komentarnya yang menyamakan persaingan Android-iOS dengan Windows lawan Mac OS, dua cerita perseteruan itu memang memiliki benang merah.

Windows konon berhasil mendominasi pasar sistem operasi karena bekerja sama dengan banyak vendor perangkat yang memakai Windows di produk-produknya, sementara Apple hanya sendirian mengusung Mac OS.

Nah, kini kejadian serupa agaknya terulang kembali di kancah persaingan industri mobile. Tiap tahunnya ada banyak perangkat Android memasuki pasar, sementara jumlah perangkat iOS jauh lebih sedikit.

Dalam wawancara itu, Schmidt juga berkomentar tentang Facebook dan mengatakan bahwa jejaring sosial Google+ buatan perusahaannya merupakan kompetitor yang sebanding untuk Facebook.