Panwaslu Aceh Selatan Himbau Kandidat Untuk Menertibkan Atribut Kampanye

oleh
Yusrizal S Ag, Ketua Panwaslu Aceh Selatan

TAPAKTUAN | DiliputNews.com – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Aceh Selatan, menghimbau para kandidat Bupati/Wakil Bupati, agar segera menertibkan atribut kampanye seperti baliho, spanduk atau alat peraga lainnya, mulai hari ini, Jumat (14/12) sampai tanggal 18 Desember 2012 mendatang.

Penegasan itu di sampaikan oleh Ketua Panwaslu Aceh Selatan, Yusrizal S Ag, dalam suratnya Nomor: 32/Panwaslu-AS/XII/2012 tertanggal 14 Desember 2012 yang di tujukan kepada tim sukses pasangan calon bupati/wakil bupati di daerah itu.

Surat itu merupakan surat kedua yang telah di layangkan oleh Panwaslu Aceh Selatan setelah sebelumnya, surat serupa Nomor : 31/Panwaslu-AS/XII/2012, juga telah di layangkan pada tanggal 12 Desember 2012 lalu.

“Kami ingatkan kembali kepada masing-masing tim sukses Pasangan Calon agar berpedoman kepada Peraturan KPU Nomor 69 Tahun 2009 tentang Pedoman Teknis Kampanye Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, Pasal 52, menyatakan bahwa pasangan calon dan tim kampanye serta setiap orang dilarang melakukan kegiatan kampanye sebelum tanggal dimulainya kampanye,” ujar Yusrizal S Ag.

Menurutnya, keputusan KIP Aceh Nomor 18 Tahun 2011 tentang tekhnis pelaksanaan kampanye, Pasal 22 huruf (g) jelas menyebutkan bahwa, Pemerintah daerah dan aparat keamanan/ Satpol PP berwenang mencabut atau memerintahkan tanpa harus memberitahukan kepada pasangan calon terhadap baliho, spanduk atau alat peraga lainnya yang di pasang sebelum masuknya jadwal kampanye tersebut.

“Oleh sebab itu, kami ingatkan kembali kepada pasangan calon dan tim suksesnya, agar membersihkan sendiri alat peraga dan baliho masing-masing calon tersebut , terhitung sejak surat ini dikeluarkan sampai dengan tanggal 18 Desember 2012 mendatang,” tegas Yusrizal.