PLTU Nagan Raya Operasikan Pembakaran Pertama

oleh
PLTU Nagan Raya Operasikan Pembakaran Pertama

NAGAN RAYA | DiliputNews.com – PT PLTU Nagan Raya, Kamis (13/12) mengoperasikan pembakaran pertama (“First Firing”) sebesar 2×110 MW yang dihadiri Direktur Utama PT PLN Nur Pamuji.

Nur Pamuji mengatakan PLTU Nagan Raya akan dijadwalkan 26 Desember 2012 suplai arus listrik 2X110 MW sudah akan dibagi keseluruh masyarakat Aceh.

“Insya Allah akan beroperasi dalam Desember 2012, tapi kita tidak dapat memastikan, pengapian pertama hari ini mungkin apa yang kita targetkan itu sampai,” ungkapnya.

Setelah melakukan pengapian pertama dikatakan Nur Pamuji akan dilanjutkan pula tahap pemeriksaan kemudian barulah diadakan penyambungan keseluruh listrik Aceh pada 26 Desember 2012.

Ia menjelaskan dari total 220 Megawatt (MW) untuk mula-mula dioperasikan 100 MW terfokus diwilayah Pantai Barat Aceh kemudian tiga bulan berselang barulah dioperasikan ke unit dua dan tiga yang menyuplai arus ke wilayah utara Aceh.

“Untuk pengoperasian oleh PLN harus menunggu hasil tes dari kontraktor menyatakan segala sesuatunya dianggap selesai, bahkan masih ada tahapan lain yang mesti dilalui “jelasnya.

Lebih lajut dikatakannya PLTU itu sendiri sudah beroperasi kebutuhan masyarakat akan listrik semakin tumbuh sementara cadangan batu bara terkandung diwilayah setempat akan dipergunakan hingga sampai 40 tahun kedepan.

“Tahap awal kita menggunkan batu baru dari Sumatera Selatan dulu, nanti pada pengoperasian unit selanjutnya baru kita pakai materaial yang ada disini,” katanya.