Kontributor RCTI Diancam Bunuh Pelaku Ilegal Loging

oleh
Kontributor RCTI Diancam Bunuh Pelaku Ilegal Loging

BANDA ACEH | Diliputnews.com – Kontributor RCTI di Kota Langsa Ivo Lestari mengaku diancam bunuh oleh kelompok orang yang diduga pelaku ilegal loging di Provinsi Aceh.

“Saya sudah mendapat laporan dari Ivo, ia mengaku diancam bunuh oleh sekelompok orang di sebuah tempat pengolahan kayu (panglong) di daerah Peurelak, Kabupaten Aceh Timur, saat dia sedang meliput kasus dugaan ilegal loging,” kata Ketua Ikatan Jurnalis Telivisi Indonesia (IJTI) Provinsi Aceh Didik Ardiansyah di Banda Aceh, Rabu.

Menurut pengakuan korban pada Selasa (11/12) sekitar pukul 11.00 WIB, Ivo bersama seorang wartawan Harian Aceh mengambil gambar di sungai yang tidak jauh dari sebuah panglong di Gampong (desa) Tempuen Kecamatan Peurelak, tiba-tiba didatangi dua laki-laki berbadan tegap melarang mengambil gambar dan memaksa menghapus semua yang telah direkam.

“Pelaku juga merampas kamera dan kartu pers Ivo dan menyeretnya ke sebuah ruangan di panglong kayu tersebut. Padahal korban sudah menunjukan identitasnya,” kata Didik.

Didik yang didampingi anggota AJI Banda Aceh Muhammad Riza Nasser juga mengatakan saat di dalam ruangan berukuran 2 x 2, pelaku mengintrogasi dan mencaci maki Ivo Lestari dan wartawan lokal serta dua pendampingnya.

“Korban dan rekan-rekannya juga diancam bunuh oleh pelaku setelah disekap sekitar 30 menit,” kata Didik.

Mengutip keterangan Ivo, Didik juga mengatakan saat menginterogasi pelaku menunjukkan sebundel dokumen yang menurut mereka izin operasional.

“Aneh, kalau panglong atau kayu di tempat usaha itu resmi kenapa mereka marah dan menghalang-halangi tugas jurnalis,” kata Didik Ardiansyah. ** (ANT/Aceh)