Kapolres Pastikan Keamanan Pilkada Aceh Selatan Kondusif

oleh
Kapolres Aceh Selatan, AKBP Sigit Jatmiko SIK

TAPAKTUAN | Diliputnews.com – Kapolres Aceh Selatan, AKBP Sigit Jatmiko SIK, menegaskan bahwa kondisi keamanan di daerah itu, menjelang pelaksanaan Pilkada Bupati/Wakil Bupati periode 2013-2018 berlangsung sangat kondusif, aman dan tentram.

“Secara keseluruhan, sejauh ini kondisi kamtibmas sangat kondusif belum ada gangguan keamanan yang berarti,” kata Kapolres AKBP Sigit Jatmiko SIK, kepada wartawan se-usai berlangsungnya acara penarikan dan penetapan nomor urut calon bupati/wakil bupati di Aula Disbudparpora Tapaktuan, Rabu (12/12).

Menurutnya, dalam rangka persiapan pengamanan pelaksanaan Pilkada bupati/wakil bupati di Aceh Selatan, pihaknya sudah melakukan konsolidasi secara internal dan dengan aparat keamanan yang lain.

“Untuk proses pengamanan Pilkada, personil yang di turunkan dari Polres Aceh Selatan berjumlah 400-an personil di tambah Back Up dari aparat keamanan Kodim 0107 Aceh Selatan berjumlah 1/5 dari kekuatan Polres Aceh Selatan,” ujarnya.

Selain itu, tambah Kapolres, pihaknya juga akan meminta Back Up kekuatan dari aparat polisi kompi Brimob Trumon.

“Manakala jika dalam perjalanan waktu nanti kondisi keamanan di anggap rawan, maka kita juga telah berkoordinasi dengan jajaran Polres Abdya dan Aceh Singkil, dimana telah  siap untuk memberikan  Back Up pasukan ke Aceh Selatan guna pengamanan Pilkada,” papar Kapolres.

Menurutnya, dalam sistem pengamanan  TPS nanti, pihaknya merujuk kepada sistem pelaksanaan Pilkada Gubernur dan wakil Gubernur Aceh lalu.

“Jika merujuk itu, sejauh ini belum ada TPS yang di anggap rawan di Aceh Selatan sehingga membutuhkan pengamanan khusus, cuman sistem pengamanan TPS nanti, akan kita pilah-pilah apakah sistem zona atau perkuatan pengamanannya berimbang secara merata, masih kita lakukan pengkajian dan pengamatan,” ujar Kapolres.

Untuk itu Kapolres menghimbau kepada seluruh kandidat dan tim suksesnya, agar secara bersama-sama saling bahu membahu untuk tetap menjaga ketertiban dan keamanan selama berlangsungnya proses Pilkada nanti.

“Saya rasa, kita sepakat semuanya bahwa, sama-sama menginnginkan pelaksanaan Pilkada bupati/wakil bupati ini berlangsung aman dan lancar, maka oleh sebab itu marilah kita secara bersama-sama menjaga kondisi keamanan yang sangat kondusif seperti sekarang ini sampai selesainya pelaksanaan Pilkada nanti,” pinta Kapolres.