Kembali Sidang PT Kalista Alam Ditunda

oleh
Kembali Sidang PT Kalista Alam Ditunda

MEULABOH | DiliputNews.com – Sidang perdata perusakan rawa tripa yang berlangsung di Pengadilan Negeri Meulaboh, Rabu (12/12) kembali di tunda, pasalnya pihak tergugat tidak menghadiri persidangan tersebut.

Seperti yang diberikatakn sebelumya, sidang perdana pada tanggal 11 September 2012, yang merupakan sidang perdana dengan nomor registrasi 12/pdt.G/2012/PN mengagendakan hari ini dilakukan sidang lanjutannya.

Meskipun pihak tergugat tidak hadir dalam sidang tersebut, amun sidang tetap akan dilanjutkan, 7 Januari 2012 mendatang.

Sidang yang dipimpin oleh ketua Majelis Hakim Rahmawati, SH tersebut berlangsung pada pukul 12.15 wib, dan berakhir sekitar pukul 12.20 Wib. Ditundanya sidang tersebut dikarenakan kuasa hukum dari Tergugat PT. Kalista Alam, dianggap belum sah menjadi kuasa hukum tergugat.

Dikatakan Rahmawati selaku ketua Majelis Hakim, guna menanyakan tentang apakah jika dalam persidangan kedepan pihak tergugat masih tidak hadir akan melakukan putusan Verstek atau kembali ditunda.

Kuasa hukum tergugat, Firman, menjelaskan kalau mereka baru ditunjuk sebagai kuasa hukum baru ber sifat lisan, belum tulisan.

Lebih lanjut dikatakan Firman, jika nantinya pada sidang ketiga pihak tergugat masih juga tidak hadir maka biasanya hakim bisa memberikan putusan terhadap gugatan kasus tersebut dan pihak tergugat dianggap menang atau yang disebut dengan Verstek atau dikenal dengan putusan luar hadirnya para tergugat.

Sementara itu Jaksa Pengacara Negara selaku kuasa hukum dari Kementrian hidup ( KLH ) Askari, usai dilaksanakannya persidangan kepada wartawan mengatakan, ini merupakan penundaan yang kedua kalinya setelah sidang pertama yang dilaksanakan pada tanggal, 27 November 2012 lalu juga di tunda.

“Untuk Gugatan KLH menuntut ganti rugi dan rehabilitasi terhadap kasus perusakan rawa tripa yang dilakukan oleh pihak tergugat PT. Kalista Alam.