Ketua KIP Aceh Selatan: Silahkan Tempuh Jalur Hukum

oleh
Ketua KIP Aceh Selatan, Liyan Azwin SE

TAPAKTUAN | Diliputnews.com – Menanggapi tuntutan para pendemo dari tim pemenangan bakal calon bupati/wakil bupati Aceh Selatan, Drs H Zulkarnaini M Si/Drs Irwan Yuni M Kes, Ketua KIP Aceh Selatan, Liyan Azwin SE, menegaskan bahwa keputusan yang telah di ambil oleh pihaknya terkait penetapan calon bupati/wakil bupati Aceh Selatan tersebut tidak bisa di rubah kembali.

Menurutnya, keputusan itu diambil oleh pihaknya dalam rapat pleno yang dihadiri oleh seluruh komisioner KIP Aceh Selatan.

Sedangkan terkait tudingan bahwa pihaknya tidak menjalankan perintah atau rekomendasi KPU Pusat, yang memerintahkan KIP Aceh Selatan untuk melakukan proses verifikasi ulang terhadap berkas dukungan pencalonan bakal calon bupati/wakil bupati, menurut Liyan Azwin SE, perintah atau rekomendasi tersebut telah di tindaklanjuti oleh pihaknya.

“Tapi perlu di ketahui bahwa dalam rekomendasi KPU Pusat tersebut dalam salah satu pointnya ada di sebutkan bahwa, proses verifikasi ulang tersebut dilakukan, sejauh tidak mengganggu tahapan pencalonan dan tahapan pemungutan suara, maka atas dasar itu, keputusan tentang penetapan calon bupati/wakil bupati Aceh Selatan yang telah di keluarkan oleh KIP sah demi hukum.” Kata ketua KIP Aceh Selatan, Liyan Azwin SE di hadapan pengunjuk rasa di Kantor KIP Aceh Selatan, Selasa (11/12).

“Jika menurut kawan-kawan keputusan KIP Aceh Selatan tersebut melanggar aturan, maka silahkan kawan-kawan tempuh jalur hukum. Sebab, keputusan yang telah kami keluarkan tersebut tidak dapat kami  anulir kembali kecuali ada keputusan hukum atau perintah pengadilan (PTUN-red) untuk merubah keputusan itu, maka kami dari KIP siap untuk menjalankan apapun hasil keputusan itu,” tegas Liyan Azwin.

Terkait hal itu, Ketua Partai PKB Aceh Selatan, Sudirman, yang masuk sebagai salah seorang orator dari tim pemenangan Zulkarnaini/Irwan Yuni dalam aksi demo di kantor KIP Aceh Selatan, menegaskan bahwa, pihaknya telah mendaftarkan gugatan ke PTUN Banda Aceh, Selasa (11/12) sekitar pukul 11.00 WIB siang tadi.

“Terkait ke zaliman yang telah anda lakukan kepada kami (tim pemenangan Zulkarnaini/Irwan-red), maka telah kami lakukan gugatan hukum ke PTUN Banda Aceh ,” tandasnya.