Protes Hasil Penetapan, Massa Zulkarnaini/Irwan Yuni Demo KIP Aceh Selatan

oleh
Protes Hasil Penetapan, Massa Zulkarnaini/Irwan Yuni Demo KIP Aceh Selatan

TAPAKTUAN | DiliputNews.com – Puluhan massa pendukung pasangan bakal calon Bupati/Wakil Bupati Aceh Selatan, Drs H Zulkarnaini M Si/Drs Irwan Yuni M Kes, menggelar aksi demo ke kantor KIP Aceh Selatan, Selasa (11/12) memprotes hasil rapat pleno KIP setempat terkait penetapan calon bupati/wakil bupati.

Sebelum bergerak ke kantor KIP, massa terlebih dulu berkumpul di kantor tim pemenangan Zulkarnaini/Irwan Yuni di Jalan T Ben Mahmud samping SPBU Kota Tapaktuan. Sekitar pukul 11.00 WIB massa bergerak ke kantor KIP dengan menggelar “long marc”.

Dalam selebaran pernyataan sikap yang di bagikan kepada wartawan, massa yang mengatasnamakan dirinya, “rakyat jelata untuk keadilan Zul BKD”,  mendesak KIP Aceh Selatan untuk mencabut hasil keputusan pleno dalam penetapan calon bupati/wakil bupati, karena KIP Aceh Selatan tidak teliti dan jeli dalam melakukan verifikasi dan kebijakan dalam penetapan calon bupati dan wakil bupati Aceh Selatan.

Sehubungan dengan penetapan calon bupati/wakil bupati Aceh Selatan tersebut, mereka menilai KIP Aceh Selatan sudah menzalimi pasangan Zulkarnaini/Irwan Yuni, dan terindikasi ada beberapa oknum komisioner KIP yang “bermain” untuk menggagalkan paket pasangan Zulkarnaini/Irwan Yuni.

Mereka juga menilai ketua KIP Aceh Selatan di tunggangi oleh kepentingan politik kandidat tertentu, maka oleh sebab itu mereka meminta agar ketua KIP Aceh Selatan di copot dari jabatannya.

Selanjutnya, mereka juga mendesak tim kode etik KPU Pusat dan pihak penegak hukum untuk memproses kejanggalan – kejanggalan yang dilakukan dalam tahapan- tahapan Pilkada Aceh Selatan oleh KIP setempat.

Di point terakhir, mereka juga meminta agar ketua Panwaslu Aceh Selatan di copot karena dinilai tidak netral dalam menjalankan tugas sebagai pengawas Pilkada di Aceh Selatan.