Klaim Jamsostek Cabang Meulaboh Rp.25,8 Milyar

oleh
Klaim Jamsostek Cabang Meulaboh Rp.25,8 Milyar

MEULABOH | Diliputnews.com – Semenjak tahun 2010 hingga 2012 PT Jamsostek (Persero) Cabang Meulaboh telah membayarkan klaim senilai Rp25,8 Milyar kepada 13.702 tenaga kerja dari 363 perusahaan dalam 8 Kabupaten wilayah kerjanya.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala PT Jamsostek Cabang Meulaboh, Khairuddin TM Basyah, Minggu (9/12) di sela acara peringatan HUT Jamsostek ke-35.

Khairuddin TM Basyah mengatakan sebanyak 20 persen dari jumlah klaim, kepada masyarakat berada di Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten lainnya, yang kesemuanya itu disalurkan pada tahun 2010 sampai saat ini.

Ia menjelaskan, dari total klaim Rp25,8 miliar tersebut terdiri dari Rp2,5 miliar Jaminan Kecelakanaan Kerja (JKK) dengan 335 kasus, kemudian Rp20,4 miliar Jaminan Hari Tua (JHT) dengan 4.015 kasus, Rp1,3 miliar Jaminan Kematian (JK) dengan 104 kasus, dan terakhir Jaminan Pemeliharaan Kesehatan senilai Rp918,2 juta dengan 946 kasus.

PT Jamsostek Cabang Meulaboh dikatakan Khairuddin selama ini juga berkontribusi terhadap program bina lingkungan dan peningkatan kesejahteraan peserta atau yang lebih dikenal dengan program Corporate Social Responsibility (CSR).

“PT Jamsostek juga mempunyai kontribusi terhadap program CSR kepada peserta dan kegiatan ini setiap tahun dikucurkan, dan ini,”ungkapnya.

Lebih lanjut Khairuddin meminta kepada masyarakat Aceh khusunya ke delapan kabupaten tersebut agar dapat mendaftarkan diri sebagai peserta Jamsostek meskipun hanya berprofesi sebagai pedagang asongan untuk mendapat jaminan keselamatan kerja dari pemerintah.

Menurut dia, dalam hal itu peran pemerintah daerah setempat sangat dibutuhkan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya mendapat jaminan perlindungan sebagai tenaga kerja.

“Kita mengimbau masyarakat untuk mendaftar di Jamsostek, bagi pedagang asongan juga kita lindungi, yang penting dia punya usaha, bisa masuk jamsostek, kepada pemda juga begitu, mohon bantuan,”tuturnya.