Ratusan Warga Aceh Barat Kampanyekan Bahaya HIV-AIDS

oleh
Ratusan Warga Aceh Barat Kampanyekan Bahaya HIV-AIDS

MEULABOH | DiliputNews.com – Sedikitnya ratusan warga Aceh Barat, Minggu (9/12) menggelar gerak jalan santai mengelilingi kota Meulaboh, dengan menyuarakan bahayanya virus HIV-AIDS.

Selain sosialisasi bahayanya virus HIV-AIDS, juga merayakan HUT Jamsostek ke-35, gerak jalan santai  tersebut dengan start di depan kantor Bupati Aceh Barat hingga finis ke jalan Merdeka.

Adapun elemen yang ikut menyuarakan bahayanya virus HIV-AIDS itu, Pihak Medis, Akademisi, Pelajar, dan Masyarakat. Dalam kampanyenya, mereka meneriakkan yel-yel bahayanya virus HIV-AIDS dan terjaminnya para tenaga kerja tertampung dalam program Jamsostek.

Dr H. Zafril Luthfi RA Mkes, Kadis Kesehatan Aceh Barat, menuturkan, terkait penyebaran virus HIV-AIDS, di Bumi Teuku Umar telah terjangkit sekitar tiga orang. Dua diantara tiga yang positif penderita, telah meninggal dunia. “Kalau yang satu lagi sedang dalam perawatan secara intensif,” katanya.

Ia berharap kepada masyarakat Aceh Barat, agar tetap waspada terhadap penyakit yang mematikan ini. Sehingga warga perlu mengenal tentang keberadaan virus tersebut, dan cara terjangkitnya penyakit HIV-AIDS. “Kami juga membagikan brosure kepada warga tentang apa itu penyakit HIV-AIDS,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan Zafril Luthfi, sosialisasi ini, sebelumnya sudah pernah dilakukan oleh Komisi Perlindungan Aids (KPA) Aceh Barat, dengan memberikan materi tentang Reproduksi Remaja dan Infeksi Menular Seksual, Bahaya HIV dan AIDS bagi Manusia,  Cegah HIV AIDS dengan Tidak Menggunakan Narkoba, dan  Pendidikan  tentang Aqidah Islam.

“Pada tanggal 4 Oktober 2012, KPA Aceh Barat, sudah pernah melakukan sosialisasi terhadap pencegahan virus HIV dan AIDS bagi para siswa/siswi SMA se-Kabupaten Aceh Barat,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala kantor PT.Jamsostek (Persero) Khairuddin TM Basyah, kepada Diliputnews.com mengaku dalam melaksanakan program Jaminan Sosial, termasuk diantaranya kesiapan PT.Jamsostek (Persero) dalam menyambut Pelaksanaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) sesuai Undang-Undang No 24 tahun 2011.