Rafli Kande: Aceh Bumi Seribu Bunyi dan Warna

oleh
Rafli Kande: Aceh Bumi Seribu Bunyi dan Warna

BANDA ACEH | Diliputnews.com – Rafli Kande seorang seniman dan musisi Aceh berharap agar identitas, lambang, bendera dan himne  yang ada di Aceh hendaknya mewakili seluruh suku dan elemen yang ada di Aceh.

Karena hal itu tidak bisa dibuat dengan dasar suka-suka, tapi semua itu di buat dengan penuh filosofi dan makna.

Aceh adalah negeri seribu bunyi makanya harus di arransement dengan harmony yg nyaman didengar,aceh negeri seribu lakab atau simbol makanya harus di lukiskan satu bendera yang dikala dipandang tergambar warna abstrak tapi tetap tegas dengan garis-garis keragaman nya.apapun kesepakatan tentang bendera dan segala pernik-pernik  tentang qanun dan sebagainya tetap akan berada dalam batasan-batasan NKRI.sederhana sesungguhnya kalau semua fihak bijaksana demi kebersamaan ACEH TERINTEGRITAS, Tambah rafli kande.

Rafli menganalogikan, sebuah lukisan Affandi yang bersifat abstrak saja berharga milyaran, itu bukan karena indah lukisannya namun karena makna yang terkandung di dalamnya. apalagi  identitas, lambang, bendera dan himne  Aceh, hal itu harus benar-benar mempresentasikan seluru elemen, suku, dan rakyat Aceh secara menyeluruh, bukan satu golongan saja.

Banyak hal yang harus di perhatikan baik secara filosofi, makna, historis dan lainnya. dan pemerintah baik eksekutif maupun legislatif harus mengakui keberagaman itu, Aceh ini ada karena keberagaman(pluralisme) bukan keseragaman.

Hal itu harus ditinjau sebelum sebuah qanun disahkan, sehingga tidak terkesan diskriminatif dan tidak menimbulkan polemic serta konflik ke depan.  Demikian ungkap rafly melalui via seluler nya kamis 06 desember 2012 pukul 20.00.