BPBD Aceh Barat Gelar Simulasi Bencana Tsunami

oleh
BPBD Aceh Barat Gelar Simulasi Bencana Tsunami

MEULABOH | Diliputnews.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, Selasa (4/11) menggelar simulasi menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami yang diikuti 1.200 masyarakat.

Kegiatan itu selain melibatkan Anggota  BPBD juga melibatkan berbagai komponen, diantaranya Anggota TNI, Polri, Satpol PP, PMI, Siswa TK, SD, Mahasiswa, Tagana, serta komponen lainnya.

Kepala BPBD, HT Ahmad Dadek SH menjelaskan simulasi tersebut merupakan dalam hal memberikan ilmu kepada masyarakat dalam rangka peringatan dini sehingga saat musibah terjadi akan diketahui langkah apa diambil oleh masyarakat untuk menyalamatkan diri.

Selain itu dikatakan Ahmad Dadek simulasi ini juga membiasakan masyarakat dan petugas melatih ketika musibah gempa tsunami tiba.

“Simulasi ini membiasa masyarakat dan petugas ketika musibah datang, selama pasca tsunami 2004, Aceh Barat sudah 4 kali menggelar simulasi ini,” kata dadek.

Lebih lanjut HT Ahmad Dadek mengatakan simulasi juga sudah ada pemberitahuan sebelumnya kepada masyarakat melalui Spanduk dan di Masjid, agar masyarakat tidak panik ketika semulasi berlangsung.

Pantuan Diliputnews.com pratek yang digelar selama 30 menit tersebut mulai pukul 10:00 WIB berakhir pukul 10:30 WIB berjalan sukses karena warga mengikuti arahan petugas.