Bendera Bulan Bintang Berkibar Di Meulaboh

oleh
Bendera Bulan Bintang Berkibar / Foto Ilustrasi

MEULABOH | Diliputnews.com – Bendera Bulan Bintang, Senin (3/12) berkibar di Desa Suak Seukee, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat tepatnya di dibelakang rumah warga, namun bendera tersebut kini sudah diamankan aparat keamanan.

Geuchik Desa Suak Seukee, Kecamatan Samatiga, Cut Usman mengatakan, bendera bulan bintang tersebut diturunkan dari pohon kelapa sekitar pukul 10:00 WIB, penurunan ikut di saksikan oleh muspika Kecamatan Samatiga beserta warga setempat.

Sementara itu Polres Aceh Barat melalui Wakil Kabag Ops, Kompol. Mohd. Yusuf, membenarkan ada temuan bendera bulan bintang tersebut di atas pohon kelapa tepat dibelakang rumah warga setempat.” Ini berdasarkan informasi dari masyarakat setempat,” katanya.

Bendera bulan bintang tersebut dikatakan Mohd. Yusuf berkibar sebanyak dua lembar, sekitar pukul 17:30, di tempat yang sama.

Lebih lanjut dikatakan Mohd. Yusuf, meskipun besok bertepatan hari ulang tahun Gam, melihat kondisi tersebut pihak kepolisian dan TNI Aceh Barat, akan melakukan patroli hingga besok, serta meminta masyarakat untuk melakukan ronda malam, agar besok jangan ada pengibaran bendera bulan bintang tersebut.

Mohd. Yusuf pelaku pengibaran dua bendera bulan bintang tersebut belum diketahui, yang pasti kita akan lakukan penjagaan dan mencari siapa pelakunya untuk menjaga damai nya Aceh ini, sebab bendera bulan bintang tidak boleh lagi dikibarkan karena berbau separatis, dan juga melanggar UUPA serta MoU.

“Sebelumnya kita sudah memanggil PA dan KPA, tokoh masyarakat, tokoh adat, yang ada di Aceh Barat, untuk sama-sama menjaga perdamaian,” ungkap Mohd. Yusuf.

Sampai berita ini diturunkan kondisi menjalang hari ultah GAM 04 Desember 2012 besok , Kebupaten Aceh Barat aman, dan pihak kepolisian sudah melakukan antisipasi.