Lahan Gambut Terbakar, Hanguskan Perkebunan Warga

oleh
Lahan Gambut Terbakar, Hanguskan Perkebunan Warga

Meulaboh | Diliputnews – Kebakaran Lahan gambut yang terjadi dalam sepakan ini, membuat masyarakat panic, pasalnya kebakaran gambut tersebut merambas keperkubunan warga, di Desa Leuhan, Desa Gampa dan Meurebo, Kabupaten Aceh Barat, Jum’at (29/6).

Dari tiga titik api tersebut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat  mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api yang kian mendekati perumahan warga.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat Ahmad Dadek mengatakan, kebakaran lahan tersebut terdapat tiga titik, Desa Leuhan, Desa Gampa dan Meurebo, sebanyak tiga unit mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan ke lokasi tersebut untuk memadamkan kobaran api yang nyaris merambat ke rumah warga setempat.

“kita sudah kelokasi untuk pemadaman api dibantu juga oleh Dinas kehutanan, yang kian merambat ke rumah warga, dan perkebunan di Jalan Kiblat Desa Gampa,” kata Dadek

Dadek Juga mengatakan kebakaran lahan gambut yang menghanguskan lahan swait dijlan Putro Ijo Desa Leuhan kita tidak bisa lakukan pemadaman, pasalnya fasilitas tidak cukup untuk menuju ketitik  api tersebut.

Ia juga berharap kepada masyarakat, harus waspada pada musim kemarau ini, jangan ada lagi pembakaran lahan.

Disamping itu Adi (45) warga Desa Leuhan kepada Diliputnews.com mengatakan api bermula dari Desa Suak Nie, akibat angin kencang hingga merambas keperkebunannya, kerugian ditaksirkan sekitar 400 jutaan rupiah.

“Akibat kebakaran tersebut saya mangalami kerugian yang sangat besar sekitar empat ratusan juta rupiah,” ungkapnya.