KKSP Gelar Workshop Rancangan Qanun Perlindungan Anak

oleh
KKSP Gelar Workshop Rancangan Qanun Perlindungan Anak

Melaboh | Diliputnews – Pusat Pendidikan dan Informasi Hak Anak (KKSP) yang bekerja sama dengan Pemberdayaan Perempuan (PP) dan Keluarah Sejahtera (KS), Kamis (28/6) melakukan Workhop Rancangan Qanun Perlindungan Anak tentang masukan dan relivisi di Aula P2TP2A Kabupaten Aceh Barat.

Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat, Aceh, Mufril menyatakan dukungan terhadap Rancangan Qanun (Raqan) Perlindungan Anak. Sebab itu agenda untuk mempercepat prosesnya menjadi qanun akan diupayakan.

Ketua panitia Workhop Chaidir kepada Diliputnews.com Tujuan dibentuknya Qanun tersebut untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh dan berkembang sesuai dengan nilai adat istiadat, sosial budaya yang bersendikan syariat islam  serta korban kekerasan rumah tangga.

“Kekerasan terhadap anak perlu semua kita perhatikan baik pemerintah, maupun lembaga-lembaga terakit, sebab cukup tinggi kasus perlindungan anak di Aceh Barat ini,” Ungkap Chaidir.

Menurut Chaidir Di Aceh Barat paling banyak ditemukan kasus pemukulan terhadap anak oleh kedua orang tua nya.

Chaidir berharap kepada pihak pemerintah dan masyarakat berkewajiban memberikan perlindungan khusus kepada anak, sebab anak merupakan penerus warisan Negara dimasa akan datang.

“Dengan keluarnya Qanun ini, kekerasan terhadap anak bisa berkurang dari yang sebelumnya, dan menjauhi anak-anak penggunaan narkotika, obat-obatan berbahaya yang kerap terjadi selama ini,” harap Chaidir.