Asap Meliputi Kawasan Pantai Barat Aceh

oleh
Asap Meliputi Kawasan Pantai Barat Aceh

Meulaboh | Diliputnews – Gumpalan asap berwarna jingga menyelimuti sebagian wilayah kabupaten Aceh Barat,kebakaran hutan dan lahan gambut yang terjadi sejak kemarau melanda dipastikan menjadi penyabab, asap mempengaruhi padang pengendara kendaraan bemotor juga tak baik buat kesehatan.

Kepala Dinas Kehutana dan Perkebunan Aceh Barat Helmi saat di hubungi mengatakan asap ini memeang sangat berbahaya. Karena itu kita mengharapkan pihak pemadan kebaran dapat seagara melakukan penanggulangan, sehingga asap tidak sampai berdampak luas ke daerah lain, katanya.

Selian itu Helmi juga menambahkan kawasan lahan gambut rawan kebakaran setiap saat memasuki musim kemarau seperti Kecematan Woyla, Sama Tiga dan Bubon yang mencapai puluhan haktera, pungkasnya.

Saat ini, kebakaran lahan terjadi di sejumlah titik bukan disebabkan aktivitas pembakaran lahan oleh warga untuk membuka kebun sebagaimana yang diargumentasikan sejumlah pihak.

Ia mengatakan tidak masuk akal bila warga membakar kebun ataupun lahan sendiri, apalagi selama ini tingkat pengawasan dari dinas kehutanan sendiri masih aktif, bahkan turun ke kawasan yang diinformasikan terbakar.

“Faktor yang menyebabkan terbakar karena musim kemarau. Jadi jangan disalahkan masyarakat terus menerus bila terjadi kebakaran lahan gambut, tidak mungkin warga yang membakar milik sendiri apalagi berisiko,” katanya.

Selain faktor kemarau, ia melanjutkan, kemungkinan akibat kelenggahan warga yang merokok saat masuk kebun, sehingga tanpa sengaja membuang puntung rokok di tengah jalan.

Berbeda justru dikatakan Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat Teuku Ahmad Dadek, Ia menegaskan tidak akan melakukan pemadaman hutan, karena pembakaran itu sengaja dilakukan warga.

“Kami tidak akan memadamkan api sampai ke pelosok, sebab kebakaran itu dilakukan masyarakat dan dinas kehutanan harusnya lebih giat melakukan pengawasan,” kata Dadek