Pramuka Aceh Barat Didik 54 Calon Dewan Kerja Cabang

oleh
Pramuka Aceh Barat Didik 54 Calon Dewan Kerja Cabang Tingkat SMA

Meulaboh | Diliputnews – Sebanyak 54 orang calon Dewan Kerja Cabang (DKC) dan Dewan Kerja Ranting (KDR) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Aceh Barat dibekali sejumlah ilmu kepramukaan.

Kegiatan pendidikan dan pelatihan terhadap sejumlah calon Dewan Kerja Cabang tersebut berlangsung dikomplek kantor Kwartir Cabang Pramuka setempat semenjak Jumat, 22 sampai dengan 24 juni 2012.

Ketua Panitia Pelaksana Zainun Zakaria, mengatakan kegiatan tersebut dilakukan untuk memperkuat dewan kerja cabang tingkat sekolah tingkat atas, pasalnya selama ini dewan kerja tersebut sudah berkurang yang aktif, Selain banyak yang sudah selesai sekolah dan melanjutkan pendidikan keluar daerah juga untuk banyak diantaranya yang perlu diberikan pembekalan agar lebih mahir.

“kegiatan ini untuk memperkuat dewan kerja cabang tingkat SMA se aceh barat, mengingat dan kerja sebelumnya banyak yang sudah selesai sekolah, kebanyakan mereka juga sudah berkuliah keluar daerah, selain itu juga untuk pemantapan agar mereka siap mendidik kader – kader lain, nantinya” Kata Zainun Zakaria.

Delapan belas materi yang dibekali selama pendidikan yakni, ketakwaan, administrasi regu, pengabdian masyarakat, hubungan masyarakat, tali temali, sandi, senam pramuka, kepemimpinan, menyusun laporan, P3K, keterampilan manajerial, baris berbaris, kerja sama tim, administrasi keuangan, kreatifitas, membaca jejak, disiplin dan perkemahan.

Selain itu, Ketua Panitia Pelaksana kegiatan juga menjelaskan sejumlah peserta tersebut nantinya akan dievaluasi melalui tes tulisan dalam acara tersbut guna menguji kecapan terhadap ilmu yang telah dibekali, bahkan diantaranya sebanyak tiga puluh lima orang yang mendapat predikat terbaik akan bertugas untuk membantu pengurus cabang dan selebihnya akan dikirim sebagai perwakilan untuk mendidik kader dimasing-masing ranting pramuka se-Kabupaten Aceh Barat.

“nanti, tiga puluh lima akan jadi DKC dan selebihnya akan bekerja mendidik kader ditingkat kecamatan yaitu DKR,” ungkap ketua panitia.